Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengacara Pegi: Penyidik Vina Orang-orang Baru Jadi Angin Segar, Gebrakan Kapolda Jabar Ideal 

Langkah Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengganti semua penyidik kasus Vina Cirebon dengan penyidik baru direspons positif kubu Pegi.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Pengacara Pegi: Penyidik Vina Orang-orang Baru Jadi Angin Segar, Gebrakan Kapolda Jabar Ideal 
istimewa
Kapolda Jawa Barat, Irjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.IK., M.Si., MM. Langkah Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengganti semua penyidik kasus Vina Cirebon dengan penyidik baru direspons positif kubu Pegi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Langkah Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengganti semua penyidik kasus Vina Cirebon dengan penyidik baru direspons positif kubu Pegi.

Dengan digantinya penyidik baru, menurut Tim pengacara Pegi Setiawan, Insank Nassrudin bisa menjadi angin segar untuk penegakan hukum di Indonesia.

Sebab, kejadian Vina Cirebon ini sudah berjalan selama 8 tahun dan belum menemui titik terang.

"Kami menilai justru hal ini membuat angin segar bagi penegakan hukum kita. Artinya perkara ini sudah 8 tahun belum terungkap. Memang harus ada pergantian. Itu hal yang paling ideal," kata Insank Nasruddin lewat Youtube Official iNews, Selasa (16/7/2024).

Selain itu, dengan digantinya penyidik baru ini bisa menjadi hal positif karena adanya peninjauan kembali dan praperadilan menjadi faktor indikasi bahwa ada kekurangan atau kekeliruan dalam kasus Vina Cirebon dan Pegi Setiawan.

"Kita tidak bisa pungkiri karena adanya peninjauan kembali, adanya praperadilan ini itukan bisa menjadi faktor indikasi bahwa ada kekeliruan, kemudian ini diganti penyidik saya pikir itu hal positif menurut kami," kata Insank.

Kendati demikian, ia berharap kasus ini bisa dibuka secara transparan agar tidak ada lagi kejadian salah tangkap, seperti Pegi Setiawan.

BERITA TERKAIT

"Kami berharap perkara ini bisa dibuka seterang-terangnya supaya tidak ada lagi orang-orang yang seharusnya tidak lagi bertanggung jawab kemudian ditarik secara hukum menjadi bertanggung jawab," tandasnya.

Baca juga: Kabar Baik, Warga Pluit Kepincut dengan Perjuangan Pegi, Mau Jodohkan Anaknya Jihan dengan Pegi 

Sebelumnya, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wijagus mengganti semua penyidik lama kasus Vina usai anak buahnya salah tangkap Pegi Setiawan dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon 2016 silam.

Tak pernah muncul, Kapolda Jabar ternyata diam-diam mengganti semua penyidik lama di kasus Vina Cirebon, dengan penyidik yang baru.

Hal itu diungkap oleh Penasihat Ahli Kapolri Irjen Pol (Purn) Aryanto Sutadi di acara Indonesia Lawyers Club, Kamis (11/7/2024).

Aryanto Sutadi mengaku sempat menelepon Kapolda Jabar terkait kehadirannya di ILC.

Kepada Aryanto, Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengaku sudah mengganti penyidik lama di kasus Vina Cirebon.

Hal itu dilakukan agar tidak masuk angin.

Halaman
123
Sumber: Tribun Sumsel
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas