Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kuningan Kembali Dilanda Gempa, BBMKG Sebut Akibat Aktivitas Sesar Aktif

Gempa kembali melanda Kuningan pada hari ini, Jumat (26/7/2024) pukul 10.49 WIB dengan kekuatan magnitudo 3,9.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Kuningan Kembali Dilanda Gempa, BBMKG Sebut Akibat Aktivitas Sesar Aktif
twitter @infoBMKG
Pada hari ini, Jumat (26/7/2024) gempa kembali melanda Kuningan pada pukul 10.49 WIB dengan kekuatan magnitudo 3,9. 

TRIBUNNEWS.COM - Kabupaten Kuningan, Jawa Barat telah dilanda gempa bumi pada Kamis, (25/7/2024) sebanyak dua kali.

Sementara pada hari ini, Jumat (26/7/2024) gempa kembali melanda Kuningan pada pukul 10.49 WIB dengan kekuatan magnitudo 3,9.

Kepala BBMKG (Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Wilayah II Tangerang, Hartanto, mengatakan berdasarkan hasil analisis, episenter terletak pada tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km Barat Laut Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada kedalaman 8 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif," kata Hartanto, Jumat (26/7/2024).

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun X menyebutkan, ada 3 wilayah yang merasakan gempa Kuningan di hari Jumat.

"Gempa (UPDATE) Mag:3.9, 26-Jul-24 10:49:45 WIB, Lok:6.92 LS, 108.46 BT (Pusat gempa berada di darat 6 Km Baratlaut Kuningan), Kedlmn:8 Km Dirasakan (MMI) II - III Kuningan, I-II Ciamis, I-II Banjar," tulis akun @InfoBMKG di X, Jumat.

Warga Berhamburan Keluar Kantor dan Toko

Gempa yang melanda hari Jumat ini membuat warga di sepanjang Jalan Siliwangi yang sedang berada di sebuah toko, berlarian keluar hingga pinggir jalan.

"Iya, tadi saat beli sesuatu di toko depan kantor bupati, kaget merasakan getaran jadi lari ke pinggir jalan," kata Maman, seorang staf Setda Kuningan yang kebetulan berada di lokasi, Jum'at (26/7/2024).

BERITA TERKAIT

Sejumlah video kepanikan saat gempa terjadi pun viral di media sosial.

Di antaranya di lingkungan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan hingga Gedung DPRD Kuningan.

Tampak sejumlah pejabat berlarian dari dalam gedung.

Baca juga: Kuningan Jabar Diguncang Gempa Dua Kali Hari Ini, BPBD Cek Lokasi

Gempa Kuningan di Hari Kamis 25 Juli 2024

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 4,1 mengguncang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada sore ini, Kamis (25/7/2024) pukul 17.36 WIB.

Gempa ini dirasakan (Skala MMI) hingga 7 wilayah, yakni: III Kuningan, II-III Ciamis, II-III Banjar, II - III Talaga, II-III Panawangan, II-III Luragung, II - III Cikijing.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, pusat gempa berada di darat, tepatnya 1 km tenggara Kabupaten Kuningan dengan kedalaman 5 km.

Gempa tersebut tercatat lebih besar dari skala sebelumnya yakni magnitudo 3,6 yang terjadi di hari yang sama pada pukul 04.01 WIB.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas