Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Akbar Tandjung Canangkan Pembangunan Sekolah Tinggi Agama Islam di Tapanuli

Matauli melakukan pencanangan pembangunan kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Barus (STAIB) di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Akbar Tandjung Canangkan Pembangunan Sekolah Tinggi Agama Islam di Tapanuli
HO
Pencanangan pembangunan kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Barus (STAIB) di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (2/9/8/2024).    

TRIBUNNEWS.COM, TAPANULI - Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli) melakukan pencanangan pembangunan kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Barus (STAIB) di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (2/9/8/2024). 

Kegiatan pencanangan ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Ketua Pembina Yayasan Matauli Akbar Tandjung dan Pj Bupati Tapanuli Tengah Sugeng Riyanta dan didampingi Ketua Umum Yayasan Matauli Fitri Krisnawati Tandjung.

Lokasi kampus yang direncanakan akan dibangun di Desa Kade Gadang, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah yang berjarak sekitar 800 meter dari Tugu Titik Nol Peradaban Islam di Nusantara yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 24 Maret 2017 lalu.

Lahan yang dimiliki oleh Yayasan Matauli yang peruntukannya direncanakan untuk kampus STAIB seluas 3,2 hektar dan sudah memiliki sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan HGB Nomor 1 dengan luas 19.220 meter persegi dan HGB Nomor 2 dengan luas 13.090 meter persegi.

Baca juga: 3 Sosok Diusulkan Dampingi Bhre di Pilkada Solo 2024, Ada Sekar Tandjung hingga Abdul Kadir

Ketua Umum Yayasan Matauli Fitri Krisnawati Tandjung mengatakan, Sekolah Tinggi Agama Islam Barus (STAIB) merupakan perguruan tinggi yang berada dibawah naungan Yayasan Matauli yang resmi berdiri pada tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor: 1114/2022.

Saat ini, STAIB memiliki dua Program Studi (Prodi) yakni Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) dan Prodi Studi Agama-Agama (SAA) dengan jumlah mahasiswa sebanyak 49 orang dari dua Prodi tersebut. 

"Dalam dua tahun perjalannya, STAIB telah memiliki sebanyak 49 mahasiswa dimana semuanya mahasiswa tersebut diberikan beasiswa penuh hingga lulus oleh Ketua Pembina Yayasan Matauli Bapak Akbar Tandjung dan tinggal di asrama yang sudah disiapkan oleh Yayasan Matauli," tuturnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

BERITA TERKAIT

Dirinya berharap dengan adanya STAIB, Barus sebagai pintu gerbang masuknya Islam di Indonesia akan semakin mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Sementara itu, PJ Bupati Tapanuli Tengah Sugeng Riyantan mengatakan berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam Barus (STAIB) menjadi bagi terpenting dari ikhtiar bersama untuk mewujudkan Kota Barus sebagai salah satu pusat unggulan (center of excellence) dalam dunia pendidikan terutama dalam Program Sudti Sejarah Peradaban Islam dan Studi Agama-Agama.

"Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Dr. Ir. Akbar Tandjung dan Pengurus Yayasan Matauli atas inisiatifnya membangun Sekolah Tinggi Agama Islam Barus," katanya.

"Semoga STAIB ini akan tetap eksis, menggelora, maju, serta berkualitas dalam mencetak generasi Islam yang amanah, tabligh dan fathonan, demi kemajuan bangsa dan negeri kita ini khususnya Kabupaten Tapanuli Tengah," tambahnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Pj Gubernur Sumut dalam pesannya yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sumut Abdul Haris Lubis. Dirinya mengapresiasi pencanangan pembangunan kampus STAIB di Barus.

Menurut Pj Gubernur Agus Fatoni, pembangunan kampus STAIB di Barus merupakan investasi jangka panjang yang akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar.

"Selain menyediakan fasilitas pendidikan, kami juga berharap kampus ini menjadi pusat kegiatan sosial dan keagamaan yang bermanfaat bagi seluruh warga," imbuh Agus Fathoni.

Sejumlah tokoh terlihat hadir dalam kegiatan pencanangan pembangunan kampus STAIB di Barus. Diantaranya, Kepala Organisasi Riset Arkeologi, Bahasa, dan Sastra BRIN, Herry Jogaswara, Sekda Kota Sibolga Juneidi Tanjung, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi sumatera Utara Abdul Haris Lubis, Ketua STAIB Prof. Dr. Yunan Yusuf, Wakil Ketua STAIB Prof. Dr. Rusmin Tumanggor dan Ketua Umum Gabema Tapteng Masriadi Pasaribu, dan sejumlah tokoh asal Barus dan Tapanuli Tengah.


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas