Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Hanya Kenalkan Wisata Kuningan, Tour De Linggarjati Diharapkan Berdampak pada Sektor Investasi

Tujuan utama Tour de Linggarjati adalah mengenalkan potensi wisata dan budaya di Kabupaten Kuningan kepada masyarakat luas.

Editor: Sri Juliati
zoom-in Tak Hanya Kenalkan Wisata Kuningan, Tour De Linggarjati Diharapkan Berdampak pada Sektor Investasi
ahmad imam baehaqi/tribunjabar
Sejumlah pesepeda saat melintasi trek TDL 2024 di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Sabtu (10/8/2024). Tujuan utama Tour de Linggarjati adalah mengenalkan potensi wisata dan budaya di Kabupaten Kuningan kepada masyarakat luas. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNNEWS.COM - Kejuaraan balap sepeda, Tour de Linggarjati (TDL) 2024 resmi digelar di Kabupaten Kuningan, Sabtu (10/8/2024).

Hampir 200-an pesepeda dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Tour de Linggarjati (TDL) 2024.




Mereka beradu cepat di sejumlah nomor pertandingan Individual Road Race (IRR) kategori Master A, B, dan C, Men/Women Junior, Pra Youth, Youth, hingga Elite.

Pencetus TDL, Dian Rachmat Yanuar mengatakan, tujuan utama TDL adalah mengenalkan potensi wisata dan budaya di Kabupaten Kuningan kepada masyarakat luas.

Namun, pihaknya mengakui, hal terpenting dari penyelenggaraan TDL yang masuk Calendar of Event itu terangkatnya nilai pemberitaan positif terhadap Kabupaten Kuningan.

"Saya pernah menyampaikan saat TDL kedua, ketika di pesawat hendak terbang ke Aceh membaca berita tentang TDL Kuningan itu di ketinggian 30 ribu MDPL," kata Dian Rachmat Yanuar saat ditemui usai menghadiri pembukaan TDL 2024 di Jalan Siliwangi, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Sabtu (10/8/2024).

BERITA TERKAIT

Bahkan, media luar negeri dari Hongkong dan lainnya juga turut menyoroti pelaksanaan TDL, sehingga pihaknya menilai pemberitaan itu merupakan value yang tidak ternilai.

Ia mengatakan, mendatangkan wisatawan maupun investor tidak semudah membalikan telapak tangan seperti halnya ketika memakan cabai yang langsung terasa pedas.

Namun, pemberitaan semacam itu menjadi salah satu kontribusi TDL yang membuat Kabupaten Kuningan dikenal dunia, sehingga berdampak untuk meningkatkan kunjungan wisata.

"Dari news value itu Kabupaten Kuningan mendapatkan dampak positif dari mulai meningkatnya kunjungan wisata dan turut menarik minat investor," ujar Dian Rachmat Yanuar.

Baca juga: Sosok M Azil, Pesepeda asal Kuningan Raih Taklukkan Tour de Linggarjati 2024 meski Dibayangi Cedera

Ia menyampaikan, kunjungan 4 juta wisatawan di Kabupaten Kuningan banyak disumbang dari even-even yang dilaksanakan termasuk TDL.

Karenanya, Dian pun mengusulkan agar TDL segera dimasukkan dalam Calendar of Event Kabupaten Kuningan ketika pertama kali ditunjuk sebagai ketua pelaksananya pada medio 2015 - 2016.

"Dari awal, saya selalu mengupayakan pelaksanaan TDL tidak berdekatan dengan even serupa di luar daerah, sehingga bisa menjaring peserta lebih banyak," kata Dian Rachmat Yanuar.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tidak Hanya Pariwisata, Tour De Linggarjati Diharapkan Berdampak pada Sektor Investasi di Kuningan

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas