Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Saksi Korban Tak Dihadirkan, Kuasa Hukum Louis Jauhari Kecewa

Andreas menyampaikan pihaknya tidak keberatan jika sidang pemeriksaan saksi korban dilakukan secara online jika memang sesuai KUHAP.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Saksi Korban Tak Dihadirkan, Kuasa Hukum Louis Jauhari Kecewa
Istimewa
Sidang kasus dugaan pemalsuan surat dengan terdakwa Louis Jauhari dan kuasa hukum di Pengadilan Negeri Medan, Rabu (14/8/2024).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sidang kasus dugaan pemalsuan surat dengan terdakwa Louis Jauhari (32) kembali digelar di Ruang Sidang Cakra II, Pengadilan Negeri Medan dengan agenda keterangan saksi korban, Rabu (14/8/2024).

Namun, tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara tidak dapat menghadirkan saksi korban Tovariga Trianginta Ginting selaku Direktur Utama PT JS.




Jaksa Liani Elisa Pinem dan Anita malah menghadirkan saksi lain bukan saksi korban, sehingga tim penasihat hukum terdakwa keberatan dan meminta kepada majelis hakim agar saksi yang diperiksa pertama kali yaitu saksi korban, sebagaimana berdasarkan KUHAP.

Atas alasan itu, majelis hakim yang diketuai Sulhanuddin menunda persidangan dan melanjutkan pada pekan depan.

“Jaksa harus bisa menghadirkan saksi korban ya, jangan seperti ini. Jadi tertunda waktu sidang. Kita minta saksi korban dihadirkan pada Jumat besok,” kata Sulhanuddin kepada tim JPU Kejati Sumut.

Di luar sidang salah satu tim penasihat hukum terdakwa, Andreas Nahot Silitonga, mengatakan bahwa sesuai KUHAP, saksi korban yang seharusnya diperiksa pertama kali.

BERITA TERKAIT

“Ya kami tetap keberatan karena saksi kembali tidak hadir. Karena pada prinsipnya kalau buat saya, kalau orang sudah membuat laporan, seharusnya dia (Tovariga) hadir untuk mempertahankan apa yang dilaporkannya, kenapa sekarang enggak datang, kan gitu,” kata Andreas.

Baca juga: Terungkap Panggilan Sayang Hakim Agung Gazalba Saleh dan Teman Wanitanya, Abi dan Bib

Andreas juga mengaku tidak mengetahui apa alasan sehingga saksi korban tidak hadir ke persidangan untuk memberikan kesaksian atas laporannya. Atas hal itu Andreas juga berpesan agar saksi korban datang ke persidangan.

“Nanti kita mau lihat, kita akan melakukan pemeriksaan terhadap dia (korban) dan akan mengajukan pertanyaan juga, karena kami sangat meyakini pernyataan ini harus dijalankan tegak lurus, harus ada keadilan buat semua pihak, bukan hanya buat klien saya. Karena disini banyak pihak kan,” sebut Andreas.

Andreas menyampaikan pihaknya tidak keberatan jika sidang pemeriksaan saksi korban dilakukan secara online jika memang sesuai KUHAP.

“Kami pun sebagai kuasa dari terdakwa sedang mencari keadilan di sini. Biar nanti, apapun itu kita lihat sama-sama yang penting prosesnya benar dijalankan dengan benar, dan hakim menggunakan hati nurani sesuai fakta-fakta yang ada,” ujar dia.

Sebelumnya, Andreas Teguh Prakoso Sembiring sebagai saksi pelapor dalam kasus pemalsuan surat mengakui turut serta terlibat dalam merevisi surat proposal perdamaian.

Hal itu terungkap dalam persidangan sebelumnya yang digelar di ruang sidang Cakra VI, PN Medan yang menjadikan Louis Jauhari Fransisko Sitinjak sebagai terdakwa, Selasa (6/8/2024).

Baca juga: Selebgram Angela Lee Pakai Rp3,2 Miliar Hasil Penipuan Tas Mewah untuk Bayar Utang

Dalam prosesnya, Andreas selaku staf legal PT JS dihadirkan di persidangan oleh jaksa menjadi saksi. Di persidangan, Andreas dicecar sejumlah pertanyaan.

Persidangan berlangsung cukup alot ketika sesi tanya jawab antara penasehat hukum terdakwa dengan Andreas. Sampai lah pada pertanyaan terkait keterlibatan Andreas dalam pembuatan proposal perdamaian tersebut.

Mendengar pertanyaan itu, Andreas mengakui turut serta merevisi proposal perdamaian, meskipun mengaku tidak membuat proposal perdamaian itu.

“Saya hanya merevisi, tidak ada membuat proposal (atau surat yang diduga dipalsukan tersebut),” katanya.

Dalam kesempatan itu, salah satu tim kuasa hukum terdakwa, Andreas Andreas Nahot Silitonga, menanyakan kerugian yang timbul akibat surat proposal perdamaian yang diduga tanda tangannya dipalsukan tersebut. Namun, saksi tak dapat menjelaskannya secara rinci.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas