Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hadiah HUT ke-79 Pemprov Jateng: Ekonomi Tumbuh, Kemiskinan Menurun

Pemprov Jateng memperingati hari ulang tahun Provinsi Jawa Tengah pada 19 Agustus dengan serangkaian kegiatan yang dipusatkan di Kota Salatiga.

Editor: Content Writer
zoom-in Hadiah HUT ke-79 Pemprov Jateng: Ekonomi Tumbuh, Kemiskinan Menurun
dok. Pemprov Jateng
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana saat acara pembukaan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Jawa Tengah ke-79 di halaman kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Minggu (18/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Pemprov Jateng memperingati hari ulang tahun Provinsi Jawa Tengah pada 19 Agustus dengan serangkaian kegiatan yang dipusatkan di Kota Salatiga dengan turut melibatkan ribuan warga.

Beragam kegiatan dihelat mulai dari bazar, festival jamu dan kuliner, pasar murah, doa bersama, fun run, konser musik, pameran UMKM, wayang kulit, dan sebagainya.

Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana mengatakan, di usia yang menginjak 79 tahun, hampir seusia dengan Republik Indonesia, Pemprov Jateng terus berupaya meningkatkan capaian pembangunan demi menyejahterakan masyarakat.

“Kami mengajak masyarakat Jawa tengah untuk terus bersatu padu, belerja keras, dan berkolaborasi demi mewujudkan Jawa Tengah yang lebih sejahtera dan berdaya saing tinggi,” kata Nana saat acara pembukaan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Jawa Tengah ke-79 di halaman kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Minggu (18/8/2024).

Tercatat, ekonomi Jawa Tengah pada semester 1 tahun 2024 tumbuh positif sebesar 4,92 persen (year on year). Diikuti turunnya angka pengangguran dari 5,13 persen pada Agustus 2023 menjadi 4,39 persen pada Februari 2024. Persentase penduduk miskin juga mengalamim penurunan dari 10,77 pada Maret 2023 menjadi 10,47 persen pada Maret 2024. Selain itu, terjadi penurunan di angka kemiskinan ekstrem, dari 1,97 persen di tahun 2022 menjadi 1,11 persen pada tahun 2023.

“Pertumbuhan ataupun perkembangan ekonomi sudah secara signifikan meningkat. Banyak dari kabupaten/kota yang sudah berupaya terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita,” imbuh Nana.

Baca juga: Pemprov Jateng Targetkan Implementasi ILP Capai 100 Persen Tahun Ini

Di sektor lain, prevalensi stunting berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI), turun dari 20,8 persen di tahun 2022 menjadi 20,7 persen di tahun 2023. Sehingga Jawa Tengah mendapatkan Penghargaan insentif fiskal atas kinerja baik dalam menurunkan angka stunting dan Insentif Fiskal Kategori Kemiskinan Ekstrem.

BERITA TERKAIT

Berkat kinerjanya dibidang ekonomi, Pemrov Jateng berhasil meraih beragam penghargaan. Pada 2024, Jawa Tengah mendapatkan predikat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Berkinerja Terbaik se-Jawa Bali. Selain itu juga mendapatkan penghargaan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Terbaik Pertama Tingkat Provinsi, serta 4 Anugerah Adinata Syariah dari Komite Nasional ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Dalam pengembangan layanan publik dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) juga berjalan baik, dan mengantarkan Jawa Tengah meraih Digital Government Award dengan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tertinggi; Badan Publik Informatif Terbaik Nasional enam kali berturut turut, serta JDIH terbaik pertama pada 2023, dan penghargaan-penghargaan lainnya.

Menurut Nana, selama 79 tahun, Provinsi Jateng telah melalui berbagai tantangan dan perubahan, namun tatap mampu bertahan dengan berpegang pada nilai-nilai luhur dan semangat kebersamaan. Nana mengungkapkan, seluruh capaian yang telah diraih merupakan hasil kerja keras dan kontribusi dari seluruh elemen masyarakat.

“Kemudian pemerintah dan swasta yang telah bekerja bahu-membahu membangun Jawa Tengah,” kata dia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sumarno mengatakan, peringatan hari jadi Jateng ini bertujuan untuk mengingat berdirinya Provinsi Jateng, yaitu untuk menyejahterakan masyarakat.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya Jateng Fair, bakti sosial, penyelenggaraan seni budaya. Selain itu juga kegiatan olahraga seperti fun run, senam zumba, dan sebagainya.

“Kiita juga menggandeng UMKM untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pameran ini adalah upaya kita memfasilitasi para UMKM agar memamerkan produk dan berinterkasi langsung dengan para konsumen,” kata dia.

Baca juga: Keren! Pemprov Jateng Raih Dua Penghargaan Badan Pangan Nasional Award 2024

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas