Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pilkada Sumbar Diikuti 2 Pasangan Calon, Simak Peta Persaingan Mahyeldi-Vasco dan Epyardi-Ekos

Pilkada Sumbar hanya diikuti dua pasangan calon yakni Mahyeldi Ansharullah - Vasco Ruseimy dan Epyardi Asda – Ekos Albar.

Editor: Erik S
zoom-in Pilkada Sumbar Diikuti 2 Pasangan Calon, Simak Peta Persaingan Mahyeldi-Vasco dan Epyardi-Ekos
Ilustrasi AI
Ilustrasi Pilkada 2024 - Pilkada Sumatra Barat (Sumbar) hanya diikuti dua pasangan calon yakni Mahyeldi Ansharullah - Vasco Ruseimy dan Epyardi Asda – Ekos Albar. 

TRIBUNNEWS.COM, PADANG-  Pilkada Sumatra Barat (Sumbar) hanya diikuti dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yakni Mahyeldi Ansharullah - Vasco Ruseimy dan Epyardi AsdaEkos Albar.

Pasangan Mahyeldi-Vasco Ruseimy didukung oleh 5 partai politik yaitu Partai Gerindra, PKS, Partai Demokrat, Perindo, dan PBB.

Mahyeldi adalah politikus dari PKS yang saat ini menjabat sebagai gubernur Sumbar.

Baca juga: PKS Resmi Usung Mahyeldi-Vasco Ruseimy Maju Pilgub Sumatra Barat 2024

Sementara Vasco Ruseimy merupakan pengusaha, politikus, dan YouTuber Indonesia yang dikenal dengan nama 'Macan Idealis'.

Sementara pasangan Epyardi Asda-Ekos Albar didukung 7 parpol yaitu Golkar, PAN, Nasdem, PDI Perjuangan, Gelora, Buruh, dan Prima.

Epyardi Asda adalah politikus PAN yang menjabat sebagai Bupati Solok periode 2021–2024.

Sementara Ekos Albar merupakan Wakil Wali Kota Padang sejak 9 Mei 2023 hingga 13 Mei 2024.

BERITA REKOMENDASI

Bagaimana peta persaingan kedua pasangan calon?

Dalam sejumlah survei, elektabilitas Epyardi-Ekos belum yang mendapatkan nomor urut dua belum mampu menandingi elektabilitas dari Mahyeldi-Vasco.

Dari survei terbaru yang dirilis oxpol Center Research and Consulting pada Selasa (22/102/24), pasangan Mahyeldi Ansharullah - Vasco Ruseimy mendapatkan tingkat elektabilitas yang tinggi.

“Dalam pertanyaan terbuka, pasangan Mahyeldi Ansharullah-Vasco Ruseimy unggul dengan elektabilitas 66,9 persen mengalahkan (calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dan nomor 2) Epyardi AsdaEkos Albar dengan elektabilitas 14,9 persen ,” kata CEO Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago saat memaparkan survei preferensi pemilih bertajuk Meneropong Peta Elektoral Terkini Pemilihan Gubernur Sumatera Barat pada Pilkada 2024, Selasa (22/10). 

Dia menambahkan dalam pertanyaan tertutup simulasi 2 nama, Mahyeldi Ansharullah unggul dengan elektabilitas 70,6 % mengalahkan Epyardi Asda dengan elektabilitas 16,3 % .


Dari sisi popularitas, Mahyeldi Ansharullah menempati peringkat pertama dengan angka popularitas 88,8 % , disusul oleh Vasco Ruseimy (61,4 % ) di posisi kedua dan Epyardi Asda (51,1 % ) di posisi ketiga.

Baca juga: Respons Vasco Ruseimy Ditunjuk Prabowo Maju Jadi Cawagub Pendamping Mahyeldi di Sumbar

Dalam pertanyaan terbuka, lanjut dia, Mahyeldi Ansharullah unggul dengan elektabilitas 56,6 % mengalahkan Epyardi Asda dengan elektabilitas 13 % . Dalam pertanyaan terbuka, Vasco Ruseimy unggul dengan elektabilitas 56,1 % mengalahkan Ekos Albar dengan elektabilitas 12,9 % .

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas