Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Hilangkan Stres dengan Masker Mulut Ciptaan Mahasiswa UB, Berbahan Kokon Ulat Sutera, Sembuhkan TBC

Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) menciptakan masker mulut yang dibuat dari kokon ulat sutera.

Hilangkan Stres dengan Masker Mulut Ciptaan Mahasiswa UB, Berbahan Kokon Ulat Sutera, Sembuhkan TBC
Reuters
Ilustrasi masker 

TRIBUNEWS.COM, MALANG - Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) menciptakan masker mulut yang dibuat dari kokon ulat sutera.

Masker sehat tersebut diberi nama Bombyx Mask dan diklaim bisa menyembuhkan penyakit tuberkulosis atau TBC serta penghilang stress.

Salah satu mahasiswa pencipta Bombyx Mask, Andika Harahap menjelaskan masker buatannya berbahan baku kokon ulat sutera (Bombyx mori) dan minyak atsiri (Essensial oil) yang dihasilkan melalui penerapan technology open top roller (OTR).

Dua bahan itu kemudian dipadukan dengan kain katun yang dijahit menjadi masker.

Baca: 7 Korban Kebakaran Pabrik Korek Api Diidentifikasi, Mayoritas Anak-anak

Lima mahasiswa UB pencipta masker berbahan kokon ulat sutera
Lima mahasiswa UB pencipta masker berbahan kokon ulat sutera (ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM)

"Di dalam masker ini, kami masukkan kain filter yang terdiri dari kain PM 2.5, kokon ulat sutera dan minyak atsiri. Filter PM 2,5 berfungsi untuk memfilter partikel udara kotor berukuran PM 2,5 agar tidak masuk kedalam hidung. Partikel PM 2,5 sendiri merupakan sumber penyakit yang bertebaran di udara," terang Andika, Sabtu (22/6/2019).

Ia menambahkan alasan penggunaan kokon ulat sutera sebagai bahan baku utama masker karena terdapat kandungan 80 fibroin, aktivitas antimikroba, resistensi terhadap sinar UV dan menyerap kelembaban.

Baca: Mengenal Christina Aryani, si Cantik yang Mencuri Perhatian di Ruang Sidang Mahkamah Konstitusi

Sedangkan minyak atsiri memiliki efek farmakologis yang unik, seperti antibakteri, antivirus, diuretik, vasodilatator, penenang sel saraf dan perangsang adrenal.

"Sehingga sangat baik dijadikan sebagai media pengobatan untuk mengurangi penyakit TBC, Sinus hidung dan relaksasi sel saraf," imbuhnya.

Andika menuturkan setiap kemasan Bombyx Mask terdapat dua buah masker dan dua buah filter kokon ulat sutera.

Filter ulat sutera itu dilengkapi varian essential oil yang beraroma menenangkan serta meneduhkan seperti bunga mawar, jasmine, lavender, green tea, tea tree dan Vanila.

"Inovasi Bombyx Mask ini jugadapat menjadi solusi dari pencemaran lingkungan akibat masker sekali pakai serta mengatasi penyakit pernafasan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Lima Mahasiswa UB Ini Ciptakan Masker Mulut dari Kokon Ulat Sutera, Bisa Sembuhkan TBC dan Stres,

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Surya
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas