TribunJualbeli
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Penelitian Terbaru Menunjukkan Sumber Virus Corona Baru Diduga dari Ular

Riset terbaru menunjukkan virus corona galur baru yang ditemukan di Wuhan ditularkan oleh ular.

Penelitian Terbaru Menunjukkan Sumber Virus Corona Baru Diduga dari Ular
TribunTravel
Ular

TRIBUNNEWS.COM - Riset terbaru menunjukkan virus corona galur baru yang ditemukan di Wuhan ditularkan oleh ular.

Hal itu berarti pertama kali reptil ini menjadi reservoar hewan yang menularkan virus mematikan itu

Penelitian terbaru yang diterbitkan di Journal of Medical Virology pada 22 Januari 2020 menyebutkan, virus korona galur baru yang ditemukan di Wuhan ditularkan ular.

Ini berarti pertama kali reptil tersebut menjadi reservoar hewan yang menjadi sumber penularan virus mematikan itu.

Penelitian dilakukan Wei Ji dari Departemen Mikrobiologi, Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Peking, Sekolah Ilmu Kedokteran Dasar, Beijing dan peneliti lain di China.

Studi itu dilakukan dengan menganalisis lima urutan genetik atau genom virus corona baru atau novel corona virus (2019-nCoV) dan membandingkannya dengan 217 virus dari berbagai spesies, seperti burung, ular, marmut, landak, kelelawar, hingga manusia.

Analisis mereka menunjukkan, virus baru terlihat mirip dengan yang ditemukan pada kelelawar yang sebelumnya menjadi sumber infeksi sindrom pernapasan akut parah atau SARS di China beberapa tahun yang lalu.

Namun, kumpulan peneliti menganalisis bioinformatika yang melengkapi urutan 2019-nCoV, itu menunjukkan virus korona ini lebih dekat dengan ular.

Virus Corona
Virus Corona (CNN.COM)

“Singkatnya, hasil yang diperoleh dari analisis pengurutan kami menunjukkan untuk pertama kali ular merupakan reservoir hewan paling mungkin untuk 2019-nCoV berdasarkan bias penggunaan kodon sama,” tulis paper ilmiah ini.

Hasil yang diperoleh dari analisis pengurutan kami menunjukkan untuk pertama kali ular merupakan reservoir hewan paling mungkin untuk 2019-nCoV berdasarkan bias penggunaan kodon sama.

Add Friend