Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunJualbeli
Tribun Network
Info Iklan
Contact Us
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Peneliti LIPI Temukan Kecoak Raksasa di Selat Sunda, Ini Penampakannya

Lokasi penemuan berada di Selat Sunda dan selatan Pulau Jawa pada kedalaman 957-1.259 meter di bawah permukaan laut.

Peneliti LIPI Temukan Kecoak Raksasa di Selat Sunda, Ini Penampakannya
Via BBC
Penemuan kecoak raksasa jenis baru Bathynomus raksasa ini dinilai sebagai capaian penting keilmuan, khususnya dalam bidang ilmu taksonomi. (Foto: LIPI).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan jenis baru krustasea (udang-udangan) Bathynomus raksasa yang pertama dari laut Indonesia.

Lokasi penemuan berada di Selat Sunda dan selatan Pulau Jawa pada kedalaman 957-1.259 meter di bawah permukaan laut.

Spesies ini, disebut LIPI dalam keterangan tertulisnya sebagai 'kecoak raksasa'.

Ukuran tubuhnya masuk dalam kategori besar (giant) dan sangat besar (super giant) yang dapat mencapai di atas 15 cm pada usia dewasa.

"Ukurannya memang sangat besar dan menduduki posisi kedua terbesar dari genus Bathynomus," jelas peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Conni Margaretha Sidabalok, dalam keterangan kepada wartawan.

Baca: Cara Mengusir 10 Hewan & Serangga yang Masuk ke Dalam Rumah, Ular hingga Kecoak Dijamin Pergi!

Temuan ini, tambahnya, sarat makna.

"Penemuan Bathynomus pertama dari laut dalam Indonesia ini sangat penting bagi riset taksonomi krustasea laut dalam, mengingat langkanya riset sejenis di Indonesia," ujar Conni.

Hal senada diutarakan Pelaksana Tugas Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cahyo Rahmadi.

Menurutnya, penemuan jenis baru Bathynomus raksasa ini menjadi capaian penting keilmuan, khususnya dalam bidang ilmu taksonomi.

"Penemuan jenis baru merupakan capaian besar seorang taksonomis apalagi jenis spektakuler dari sisi ukuran bahkan ekosistem di mana jenis tersebut ditemukan," jelasnya.

Kecoak raksasa yang ditemukan peneliti LIPI. (Foto LIPI).
Kecoak raksasa yang ditemukan peneliti LIPI. (Foto LIPI). ()