Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menang Undian, SpaceX Bawa Empat Penumpang Carteran Pertamanya ke Antariksa

Siapa sangka, orang biasa bisa menjadi bagian dari penerbangan roket SpaceX milik muliarder Elon Musk.

Menang Undian, SpaceX Bawa Empat Penumpang Carteran Pertamanya ke Antariksa
Popular Mechanics
SpaceX Sukses Luncurkan Roket Falcon 9, Bawa 60 Satelit Starlink ke Orbit Bumi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Siapa sangka, orang biasa bisa menjadi bagian dari penerbangan roket SpaceX milik muliarder Elon Musk.

Baru-baru ini, nasib mujur dialami dua orang yang memenangi undian dari seorang miliarder yang mencarter roket SpaceX. Penerbangan SpaceX berkapasitas empat kursi yang dicarter seorang miliarder akhirnya terisi penuh pada Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Eks Engineer SpaceX Dinyatakan Bersalah Atas Penjualan Tips di Situs Dark Web

Pemenang undian itu diketahui adalah seorang guru sains dan seorang insinyur data. Mereka berhasil memenangkan undian dua kursi terakhir dalam penerbangan ke luar angkasa itu.

Roket SpaceX dicarter oleh miliarder Jared Isaacman (38), pendiri perusahaan pembayaran Shift4Payments. Jared mencarter sebuah roket dan pesawat luar angkasa dari SpaceX untuk sebuah perjalanan selama 3 – 4 hari ke luar angkasa.

Baca juga: SpaceX Sukses Luncurkan Roket Falcon 9, Bawa 60 Satelit Starlink ke Orbit Bumi

Jared membuka kesempatan terbuka untuk siapa saja untuk mengisi dua dari 4 kursi penumpang yang tersedia bagi mereka yang tertarik untuk bergabung menjadi awak dengan berdonasi melalui undian.

Rupanya, di balik undian itu terdapat misi mulia dari sang miliarder. Jared berharap dapat menggalang dana penelitian kanker bagi anak-anak di Rumah Sakit St. Jude.

Undian berhadiah satu kursi ia peruntukkan bagi seorang pelanggan Shift4Payments yang dipilih melalui sebuah kompetisi. Sementara, satu kursi lainnya ia berikan bagi seorang pekerja kesehatan di RS St. Jude.

Penerbangan ini ia beri nama Inspiration4 yang menjadi misi pertama dengan awak yang hanya terdiri dari astronot sipil yang baru pertama kali mengudara ke luar angkasa.

Baca juga: Jejak Historis Aviasi di Pulau Biak Hingga Ketertarikan SpaceX Bikin Stasiun Antariksa di Sana

Adapun dua penumpang yang berhasil memenangkan undian terbang bersama SpaceX adalah Sian Proctor (51), seorang pendidik perguruan tinggi di Tampa, Arizona dan Chris Sembroski (41), seorang mantan personil Angkatan Udara AS bagian peluru kendali dari Everett, Washington.

Halaman
123
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas