Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

BPPT Pasang Buoy Peringatan Tsunami di Perairan Selatan Bali

BPPT akan menempatkan 11 unit Buoy yang diproduksi PT PAL sebagai bagian dari penguatan ekosistem inovasi sepanjang 2021 ini.

BPPT Pasang Buoy Peringatan Tsunami di Perairan Selatan Bali
dok. BPPT
Pemasangan satu unit sistem deteksi dini tsunami berbasis Buoy di Perairan Selatan Bali menggunakan Kapal Riset (KR) Baruna Jaya III. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjadi negara yang kerap dilanda bencana alam seperti gempa bumi hingga potensi tsunami membuat Indonesia harus serius melakukan mitigasi bencana.

Satu diantaranya melalui penerapan Sistem Peringatan Dini Indonesia atau Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS).

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menempatkan 11 unit Buoy yang diproduksi PT PAL sebagai bagian dari penguatan ekosistem inovasi sepanjang 2021 ini.

Kali ini lembaga yang berada di bawah koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) ini memasang satu sistem pendeteksi dini tsunami berbasis Buoy di wilayah Perairan Selatan Bali (Buoy DPS).

Pemasangan telah dilakukan pada 12 April lalu, pukul 20.30 WIB.

Baca juga: Verifikasi Tidak Terjadi Tsunami, Buoy BPPT Di Selatan Perairan Kabupaten Malang Beroperasi Optimal

Buoy DPS itu pun kini telah beroperasi, hal ini ditunjukkan melalui data tinggi muka air yang dikirimkan menggunakan media satelit ke stasiun penerima data (Read Down Station) di InaTOC (Indonesia Tsunami Observation Center) BPPT di Jakarta.

Baca juga: Pemerintah Gunakan Buoy dan Sistem Kabel untuk Deteksi Tsunami di Pantai Selatan

Pemasangan dan operasionalisasi Buoy tsunami Selatan Bali ini diklaim sebagai keberhasilan kali ke-3 bagi BPPT dalam menerapkan sistem pendeteksi dini tsunami berbasis Buoy.

Sebelumnya, lembaga tersebut telah memasang Buoy di Perairan Selatan Malang pada 8 Maret 2021 dan di Selatan Selat Sunda pada 21 Maret 2021.

Kepala BPPT Hammam Riza menyampaikan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk merealisasikan rencana dalam melakukan penyebaran (deploy) sistem deteksi dini tsunami Buoy pada 24 lokasi nusantara.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas