Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunJualbeli
Tribun Network
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penelitian Terbaru Pemberian Ekstrak Ikan Gabus untuk Pasien Positif Covid-19, Begini Hasilnya

Penelitian terbaru, ekstrak ikan gabus dalam produk Onoiwa MX efektif sebagai adjuvan standar pengobatan Covid-19  terhadap pasien covid-19 tahap awal

net
Ikan gabus

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penelitian terbaru, ekstrak ikan gabus dalam produk Onoiwa MX efektif sebagai adjuvan standar pengobatan Covid-19  terhadap pasien covid-19 tahap awal.

Pengujian dengan uji klinis acak terkontrol single blind parallel study pada 48 pasien di Indonesia, kemudian pasien ditindaklanjuti selama 7 hari setelah dosis terakhir pemberian Onoiwa MX diberikan.

Tim peneliti terdiri dari Prof. Dr. apt. Syamsudin, M.Biomed merupakan Guru Besar bidang Farmakologi Bahan Alam dari Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, dr. Lusi Nursilawati Syamsi, Sp.P merupakan praktisi dokter spesialis paru yang menangani Covid-19, Dr.rer.nat. Chaidir Amin dari BPPT dan Dr. Nurita Andayani merupakan ahli statistika.

Hasil penelitian ini telah diterima dengan baik dan lolos uji kelayakan jurnal kedokteran international di Eropa sehingga telah diterbitkan dalam European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 2021, Volume 8, Issue 3, Pages 2945-2957 pada bulan Juli 2021.

Temuan penelitian ini memang tidak begitu mengejutkan mengingat ikan gabus yang bernama latin Channia striata tersebut memiliki kandungan albumin yang dikatakan dapat membantu terapi pasien.

Baca juga: Ekstrak Ikan Gabus, Temulawak dan Kelor Jadi Obat Alami untuk Vaporista yang Jalani Isolasi Mandiri

Albumin merupakan senyawa protein yang dominan ditemukan dalam plasma darah.

Mengutip penjelasan dari jurnal berjudul Physiology, Albumin (2020) yang disusun oleh peneliti dari Mayo Clinic Rajat N Moman, peneliti asal Columbia University Amerika Serikat (AS) Nishant Gupta, dan peneliti dari Penn Highlands Healthcare System AS Matthew Varacallo, albumin memiliki beragam fungsi dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah menjaga tekanan onkotik atau tekanan yang membantu membawa cairan dan senyawa lain di dalam tubuh.

Contohnya, sebagai pengantar obat-obatan ke dalam sel saat perawatan penyakit tertentu, mencegah inflamasi atau peradangan.

Syamsudin mengatakan, dalam penelitiannya mereka menggunakan bahan aktif utama dalam produk Onoiwa MX ini adalah ekstrak ikan gabus yang dalam  pemrosesan ekstrak menggunakan teknik enzymatic low pressure low temperature yang tekniknya sudah dipatenkan oleh Nucleus Farma dan belum banyak digunakan oleh produsen lain.

Penulis: Eko Sutriyanto