7 Spesies Tanaman Baru di Indonesia Ditemukan, Mayoritas Adalah Tanaman Hias

Adalah Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang menemukan spesies tersebut.

7 Spesies Tanaman Baru di Indonesia Ditemukan, Mayoritas Adalah Tanaman Hias
(DOC/Badan Riset dan Inovasi Nasional)
Spesies tanaman baru yang ditemukan peneliti BRIN. Spesies tumbuhan baru yang ditemukan mayoritas adalah jenis tanaman hias dari jenis Begonia. Ini adalah salah satu spesies tanaman begonia baru, Begonia robii, endemik Sulawesi.

TRIBUNNEWS.COM -- Tujuh spesies tumbuhan baru di Indonesia ditemukan baru-baru ini.

Adalah Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang menemukan spesies tersebut.

Uniknya, mayoritas dari temuan ini termasuk ke dalam tanaman hias.

Kepala Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Sukma Surya Kusumah mengungkapkan, ketujuh jenis tanaman baru tersebut di antaranya Hoya batutikarensis, Hoya buntokensis, Dendrobium dedeksantosoi, Rigiolepis argentii, Begonia robii, Begonia willemii dan Etlingera comosa.

Serta ditemukan pula tanaman dari sub spesies Zingiber ultralimitale sub spesies Mataromeoense. Menurut Sukma, dengan ditemukannya tanaman jenis baru ini maka keanekaragaman hayati Indonesia pun bertambah.

Baca juga: Eijkman Dilebur ke BRIN, Anggota DPR: Peneliti Jangan Terintervensi Kepentingan Politik

“Penemuan ini juga memberikan informasi terkait kekayaan biodiversitas Indonesia dan mendukung penelitian lebih lanjut terkait pemanfaatannya secara berkelanjutan,” kata Sukma dikutip dari laman resmi BRIN, Sabtu (1/1/2022).

Sementara itu, peneliti di Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Wisnu Handoyo Ardi mengatakan Begonia merupakan salah satu marga tumbuhan berbunga yang terbesar.

Menurut peneliti BRIN, kini, diketahui ada 2.052 jenis Begonia yang tersebar di kawasan pantropis dunia, Indonesia diperkirakan sebagai salah satu rumah bagi kekayaan Begonia di kawasan Asia tenggara yang memiliki 243 spesies tanaman Begonia.

Dia menilai, jumlah tanaman Begonia akan terus bertambah seiring dengan banyaknya kawasan-kawasan hutan di berbagai wilayah di Indonesia yang dijelajahi para peneliti.

“Upaya konservasi dan pengungkapan jenis-jenis baru Begonia secara aktif dilakukan oleh BRIN dan saat ini telah berhasil melakukan konservasi terhadap lebih dari 100 jenis Begonia yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia,” ujar Wisnu.

Klub