Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX

Ada Hujan Permata Cair di Planet Ekstrasurya Raksasa Ini

Dengan informasi tersebut, mereka memodelkan jenis bahan kimia dan molekul lain yang mungkin terkandung di atmosfer WASP-121b.

zoom-in Ada Hujan Permata Cair di Planet Ekstrasurya Raksasa Ini
(Eropean Space Agency)
Ilustrasi: Para astronom menemukan, bahwa planet esktrasurya WASP-103b berbentuk seperti bola rugby. (Eropean Space Agency)

TRIBUNNEWS.COM - Studi para ilmuwan menduga ada planet ekstrasurya raksasa atau exoplanet yang memiliki awan logam dan hujan permata cair di dalamnya.

Planet ekstrasurya raksasa tersebut yang berjarak sekitar 855 tahun cahaya dari Bumi.

Planet exoplanet bernama WASP-121b ini juga diketahui memiliki beberapa keunikan.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy pada Senin (21/2/2022), planet WASP-121b itu pertama kali ditemukan pada tahun 2015 melalui pengamatan Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Baca juga: Mengenal Tata Surya Beserta Planet-planet yang Ada di Dalamnya

Suhu planet ini mencapai 2.227 derajat Celsius di lapisan atmosfer terdalam dan 3.227 derajat Celsius di lapisan atasnya pada sisi siang.

Sementara di sisi malam, suhunya lebih dingin yaitu 1.527 derajat Celsius, dan turun menjadi 1.227 derajat Celsius di atmosfer bagian atas.

Peneliti juga mengatakan massa serta diameter WASP-121b lebih besar daripada planet Jupiter.

Baca juga: Dugaan Peneliti Meleset, Danau Tersembunyi di Planet Mars Tidak Ada Airnya, Ternyata Ini Isinya