Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada Hujan Permata Cair di Planet Ekstrasurya Raksasa Ini

Dengan informasi tersebut, mereka memodelkan jenis bahan kimia dan molekul lain yang mungkin terkandung di atmosfer WASP-121b.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Ada Hujan Permata Cair di Planet Ekstrasurya Raksasa Ini
(Eropean Space Agency)
Ilustrasi: Para astronom menemukan, bahwa planet esktrasurya WASP-103b berbentuk seperti bola rugby. (Eropean Space Agency) 

TRIBUNNEWS.COM - Studi para ilmuwan menduga ada planet ekstrasurya raksasa atau exoplanet yang memiliki awan logam dan hujan permata cair di dalamnya.

Planet ekstrasurya raksasa tersebut yang berjarak sekitar 855 tahun cahaya dari Bumi.

Planet exoplanet bernama WASP-121b ini juga diketahui memiliki beberapa keunikan.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy pada Senin (21/2/2022), planet WASP-121b itu pertama kali ditemukan pada tahun 2015 melalui pengamatan Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Baca juga: Mengenal Tata Surya Beserta Planet-planet yang Ada di Dalamnya

Suhu planet ini mencapai 2.227 derajat Celsius di lapisan atmosfer terdalam dan 3.227 derajat Celsius di lapisan atasnya pada sisi siang.

Sementara di sisi malam, suhunya lebih dingin yaitu 1.527 derajat Celsius, dan turun menjadi 1.227 derajat Celsius di atmosfer bagian atas.

Peneliti juga mengatakan massa serta diameter WASP-121b lebih besar daripada planet Jupiter.

Baca juga: Dugaan Peneliti Meleset, Danau Tersembunyi di Planet Mars Tidak Ada Airnya, Ternyata Ini Isinya

BERITA TERKAIT

Suhu exoplanet ini yang sangat panas membuat unsur-unsur logam berat seperti besi dan magnesium, terus-menerus mengalir keluar dari atmosfer menuju luar angkasa.

Sejak pertama kali diidentifikasi, para peneliti pun mulai mempelajari planet raksasa WASP-121b untuk mengetahui karakteristiknya, salah satunya menemukan bahwa planet ini memiliki hujan permata cair.

"Dengan pengamatan ini, kami benar-benar mendapatkan pandangan global tentang meteorologi sebuah planet ekstrasurya," papar penulis utama studi, Thomas Mikal-Evans.

Seperti dilansir dari CNN, Senin (21/2/2022) setiap 30 jam sekali, WASP-121b akan menyelesaikan satu orbit.

Baca juga: Mengenal Sistem Tata Surya: Matahari, Planet Dalam, Planet Luar, Komet, Meteoroid, dan Asteroid

Satu sisi planet yang menghadap bintang akan mengalami siang hari, sedangkan sisi lainnya adalah malam hari secara permanen.

"Jupiter panas terkenal memiliki sisi siang hari yang sangat terang, tetapi sisi malam berbeda. Sisi malam (planet raksasa) WASP-121b sekitar 10 kali lebih redup daripada sisi siangnya," jelas rekan peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, Tansu Daylan, menjelaskan selain planet raksasa memiliki hujan permata cair.

Dia menambahkan, para astronom sedang mempelajari kedua sisi planet WASP-121b guna lebih memahami atmosfer dan cuacanya menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas