Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Provinsi Banten Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2023

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) resmi ditutup pada Rabu (6/9/2023). Provinsi Banten meraih juara umum, disusul Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Provinsi  Banten Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2023
Kemenag
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) resmi ditutup pada Rabu (6/9/2023). Seremoni penutupan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, M. Nizar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) resmi ditutup pada Rabu (6/9/2023).

Provinsi Banten meraih juara umum, disusul Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Seremoni penutupan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, M. Nizar.

Baca juga: Wakil Menteri Agama Buka Olympiade Sains yang Diikuti Siswa Madrasah Se-Indonesia di Kendari

"Perjalanan kalian akan membentuk pribadi-pribadi yang berkarakter gigih, tangguh dan unggul," katanya di Kendari.

Nizar mengingatkan, proses kompetisi yang panjang dan berat bukanlah suatu hal yang percuma jika tanpa berproses yang gigih dan sungguh-sungguh.

Karakter ungggul adalah modal utama yang menjadikan siswa sukses di masa depan.

BERITA TERKAIT

Karena, itulah Kementerian Agama mengadakan kompetisi sains yang terintegrasi dengan ilmu keagamaan.

Baca juga: 4 Siswa SMAN 8 Jakarta Toreh Prestasi pada Olimpiade Sains Nasional 2023

"Untuk menjadi yang terbaik tidak bisa tiba-tiba. Nikmatilah proses itu sebagai kebutuhan diri untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri demi menyambut tantangan zaman," pesan dia.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah kegiatan nasional tahunan yang digelar Kemenag untuk mewadahi prestasi anak-anak madrasah di bidang sains.

Ada 11 kategori yang dipertandingkan dan diikuti siswa-siswi dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Acara KSM dirangkai dengan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES), Ekspo Madrasah, dan Pameran Daerah Sulawesi Tenggara, 3-7 September 2023 .

Di antara mata lomba yang dipertandingkan adalah matematika terintegrasi, IPA terintegrasi, IPS terintegrasi, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi, geografi terintegrasi, dan lain-lain.

Siswa MAN 1 Yogyakarta, Haka Aghitsna Ridloka membawa pulang medali emas dari cabang Ekonomi Terintegrasi di ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023.

Medali emas diraih Haka Aghitsna bersama siswa-siswa lain di 11 kategori lomba.

Sementara itu dua siswa MTsN 3 Jakarta, Kalea Nizar Purwaningtyas dan Syafa Aqila Putri memenangi medali emas di ajang Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES) 2023 yang digelar satu paket dengan KSM.

Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas berharap kegiatan ini dapat menemukan bibit-bibit unggul yang dapat berkontribusi bagi masyarakat dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemajuan bangsa.

Kompetisi Sains Madrasah tingkat nasional ini diikuti sebanyak 375 siswa madrasah terpilih yang telah menjadi pemenang di tingkat satuan pendidikan, kabupaten, dan provinsi.

Event tahunan yang digelar sejak 2012 ini, pada tahun 2023 mengambil tema "Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Negeri".

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas