Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prosedur Wajib Pilot sebelum Terbang, Harus Baca Laporan Perawatan Mesin Pesawat dan Tanda Tangan

Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia membeberkan prosedur wajib seorang pilot sebelum terbang. Harus membaca laporan perawatan mesin.

Penulis: Pravitri Retno W
Editor: Fathul Amanah
zoom-in Prosedur Wajib Pilot sebelum Terbang, Harus Baca Laporan Perawatan Mesin Pesawat dan Tanda Tangan
Kompas.com
Ilustrasi pesawat - Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia mengungkapkan prosedur wajib yang harus dilakukan pilot sebelum penerbangan. 

Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia, Rama Noya, menyebutkan semua pilot harus membaca laporan perawatan mesin sebelum terbang.

TRIBUNNEWS.COM - Hari ini, Jumat (2/11/2018), Ikatan Pilot Indonesia mengadakan konferensi pers di Halim Perdana Kusuma, Jakarta terkait tragedi jatuhnya Lion Air JT610 di perairan Karawang, Jawa Barat.

Jatuhnya Lion Air dikarenakan pesawat mengalami masalah teknis sehingga menyebabkan masalah saat penerbangan.

Terkait hal ini, Rama Noya, selaku Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia, menjelaskan prosedur yang wajib dilakukan pilot sebelum terbang.

Dilansir Tribunnews dari KompasTV, Rama Noya mengungkapkan seorang pilot diwajibkan membaca laporan yang tertulis dalam maintenance log book.

Baca: Rekan Sejawat Unggah Momen Bersama Copilot Lion JT 610 Captain Harvino Sebagai Bentuk Penghormatan

Maintenance log book adalah buku yang di dalamnya tertulis rekaman manajemen, operasi, dan navigasi sebuah pesawat.

Tak hanya itu, pilot juga diwajibkan berdiskusi dengan mekanik penerbangan guna mengetahui tindakan apa saja yang sudah dilakukan terhadap pesawat sebelum terbang.

BERITA TERKAIT

Jika tak ada masalah, mekanik penerbangan akan membubuhkan tanda tangan sebagai tanda pesawat tak bermasalah.

Itu berarti pesawat sudah layak terbang.

"Secara prosedural, bagi seorang pilot, semua yang ditulis di dalam maintenance log book, selama dia bisa yakin, bahwa pesawat tersebut telah dilakukan perbaikan dan dia sudah berdiskusi dengan pihak flight engineer," ujar Rama Noya.

"Di mana pihak flight engineer akan menyatakan apa saja yang sudah dikerjakan dan dia membubuhkan tanda tangan pada log maintenance tersebut," lanjutnya.

Tak hanya mekanik, pilot juga akan membubuhkan tanda tangan di maintenance log book sebelum terbang sebagai tanda persetujuan.

"Jika dia (pilot, red) merasa yakin, mampu bahwa pesawat tersebut mampu layak terbang, maka dia akan membubuhkan tanda tangan juga di maintenance log book tersebut dan dia akan menerbangkan pesawat itu," jelas Rama Noya.

Sebelumnya diketahui Lion Air JT610 jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada Senin (29/10/2018) pagi pukul 06.33 WIB.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas