Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Setelah Instagram dan Facebook, Kini YouTube Turut Luncurkan Fitur Stories di Platform-nya

YouTube memperluas kemampuannya dengan menyediakan fitur Stories seperti di Instagram untuk akun konten kreator.

Penulis: Natalia Bulan Retno Palupi
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Setelah Instagram dan Facebook, Kini YouTube Turut Luncurkan Fitur Stories di Platform-nya
The Verge
YouTube luncurkan fitur Stories di platform-nya. 

TRIBUNNEWS.COM - YouTube memperluas kemampuannya dengan menyediakan fitur Stories seperti di Instagram untuk akun konten kreator.

Dilansir Tribunnews.com dari The Verge pada Jumat (30/11/2018), YouTube memberikan fitur ini bagi channel konten kreator yang sudah memiliki lebih dari 10 ribu pelanggan.

Ada beberapa perbedaan utama antara Instagram Stories dan iterasi YouTube dari fitur tersebut.

YouTube Stories bertahan selama tujuh hari di aplikasi seluler, mereka akan muncul untuk pelanggan dan non-pelanggan.

Dan mereka akan muncul di bilah sisi YouTube 'Berikutnya' di samping video.

Baca: Cara Hapus Riwayat Video di YouTube, Ikuti Langkah Mudah Ini

Konten kreator yang menggunakan fitur ini akan dapat menanggapi penggemar yang berinteraksi dengan stories mereka.

Penggemar juga dapat meninggalkan komentar atau pertanyaan tentang Stories yang kemudian bisa ditanggapi konten kreator secara publik.

YouTube Stories
YouTube Stories (phonearena.com)
BERITA TERKAIT

Fokus untuk YouTube Stories pertama kali diumumkan pada bulan November 2017, tampaknya berada di keterlibatan komunitas dan menyalurkan promosi lebih dari pembaruan kehidupan sehari-hari.

Konten kreator dapat menunjukkan cuplikan video di balik layar yang dibuat misalnya, atau mengupayakan kolaborasi mendatang.

Meskipun YouTube menguji fitur tersebut dengan beberapa channel awal tahun ini, peluncuran ke fitur yang pada dasarnya dalam Program Mitra YouTube berarti YouTube Stories dapat mulai muncul lebih sering di beranda untuk pengguna seluler.

Pengguna di Reddit telah menemukan perubahan yang akan datang dan telah menyatakan reaksi beragam tentang Stories di platform.

Satu pengguna menyarankan agar YouTube perlu fokus untuk memperbaiki masalah yang sedang berlangsung, termasuk masalah demonetisasi dan masalah periklanan sebelum meluncurkan bonus.

Bahkan konten kreator seperti Philip DeFranco telah menyatakan kekhawatirannya tentang fitur Stories, mengakui bahwa meskipun ada beberapa potensi, namun ia tidak yakin.

"YouTube Stories aneh," kicau DeFranco di Twitter pribadinya.

"Mereka terjaga selama 7 hari, mereka mengizinkan komentar, tetapi Anda (konten kreator) hanya dapat membalas dengan video atau gambar lain dan mereka saat ini tidak memiliki fitu swipe up atau video linking yang bagi saya sepertinya merupakan peluang yang terlewatkan. Berpotenso, tapi saya skeptis," ungkapnya.

Sebuah pernyataan dari YouTube tentang peluncuran diperpanjang untuk lebih banyak konten kreator menegaskan kembali bahwa tim menerapkan umpan balik yang didapatkan dari YouTube untuk membangun produk yang dirancang khusus.

Baca: YouTuber Buktikan iPad Pro 2018 Rentan Patah

Apakah itu menjadi seperti berpengaruh pada platform seperti Instagram yang sudah dua tahun memiliki fitur ini dan membutuhkan waktu untuk mengevaluasi.

Bagi mereka yang ingin berpartisipasi dan memenuhi syarat, Stories dibuat dengan membuka aplikasi seluler YouTube, mengetuk ikon kamera, dan memilih "Buat Stories."

(Tribunnews.com/Natalia Bulan R P)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas