Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Intip Sederet Keindahan Mandalika, Kawasan di NTB Indonesia yang Bakal Dijadikan Sirkuit MotoGP

Mandalika adalah kawasan wisata di Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, yang memiliki keindahan uni dan bakal dijadikan sirkuit MotoGP

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Daryono
zoom-in Intip Sederet Keindahan Mandalika, Kawasan di NTB Indonesia yang Bakal Dijadikan Sirkuit MotoGP
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika mulai menancapkan diri sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi pelancong saat bertandang ke Pulau Lombok, di Nusa Tenggara Barat 

TRIBUNNEWS.COM - Nama Mandalika seketika hangat dibicarakan lantaran dikabarkan bakal menjadi tempat penyelenggaraan kompetisi balap motor bergengsi di dunia, MotoGP.

Kawasan wisata bagian dari Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, ini memiliki keindahan tersendiri untuk menjadi lokasi tujuan wisata di Tanah Air.

Berikut ini adalah sederet keindahan Mandalika mulai dari gugusan pantai hingga objek wisata lainnya juga sebagai lokasi dibangunnya sirkuit MotoGP yang dihimpun Tribunnews.com, Kamis (21/2/2019). 

Baca: 4 Fakta Sirkuit Mandalika NTB untuk MotoGP, Alasan Dipilihnya hingga Panjang Lintasan Balap

1. Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika

Dikutip dari website resmiDewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Republik Indonesia, Mandalika ditetapkan sebagai KEK melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata.

Dengan luas area sebesar 1.035,67 Ha dan menghadap Samudera Hindia, KEK Mandalika diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat potensial. 

KEK Mandalika menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau.

Berdasarkan potensi dan keunggulan yang ada, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) yang telah mengembangkan Nusa Dua Bali mengusulkan pembentukan KEK Mandalika.

BERITA TERKAIT

Sebagai destinasi wisata bahari dan wisata budaya dengan panorama yang eksotis dan berdekatan dengan Pulau Dewata, KEK Mandalika diperkirakan akan menarik kunjungan 2 juta wisatawan mancanegara per tahun pada 2019.

KEK Mandalika memiliki konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan dengan pembangunan obyek-obyek wisata dan daya tarik wisata yang selalu berorientasi kepada kelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup yang ada di masyarakat.

KEK Mandalika adalah KEK yang paling menarik bagi para investor saat ini dan diharapkan menjadi destinasi wisata kelas dunia.

2. Cerita asal usul

Ada sekelumit cerita yang dipercaya sebagai asal usul adanya Mandalika.

Dikutip dari Kompas.com, cerita tersebut berkisah dari seorang putri cantik yang terkenal dengan parasnya yang cantik dan sifatnya yang baik.

Beranjak dewasa, banyak pemuda termasuk para pangeran yang jatuh cinta pada sang putri. Mereka semua ingin mempersunting sang putri. Raja, ayah sang putri akhirnya menyerahkan keputusan pada sang putri.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas