Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Pesona George Clooney di Mata Kaum Hawa: Ganteng, Bejibun Penghargaan, Jiwa Sosial Tinggi

Ia tidak hanya ganteng, menerima banyak penghargaan, juga punya rasa kemanusiaan tinggi dan aktif mengumpulkan dana untuk krisis kemanusiaan.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Pesona George Clooney di Mata Kaum Hawa: Ganteng, Bejibun Penghargaan, Jiwa Sosial Tinggi
www.closermag.fr
George Clooney dan Amal Alamuddin 

TRIBUNNEWS.COM -George Clooney selalu mencuri perhatian media. Ia tidak hanya ganteng, menerima banyak penghargaan di perfilman, namun juga punya rasa kemanusiaan tinggi dan aktif mengumpulkan dana untuk krisis kemanusiaan di negara-negara Afrika.

Aktor yang baru menikah dengan pengacara ini mengingatkan bahwa krisis kemanusiaan masih terus terjadi di Darfur, Sudan barat, yang mulai dilupakan dunia.

Clooney menulis tentang Darfur di kolom opini terbitan The New York Times. Ia menulis bersama John Prendergast, rekannya di Satellite Sentinel Project, dan Akshaya Kumar, analis kebijakan dari Enough Project.

”Pada 2004, Amerika menyatakan, telah terjadi pembunuhan besar-besaran di Sudan. Pernyataan itu sempat menarik perhatian dan kepedulian, namun dunia kini telah melupakan Darfur. Kini, Pemerintah Sudan tengah berjuang sendirian,” kata Clooney di surat kabar itu seperti dikutip Eonline.com.

Perang saudara pecah di Sudan pada 2011 sehingga negara itu terbagi menjadi dua, yaitu Sudan Utara dan Sudan Selatan. Setelah pecah, kehidupan di dua negara itu belum stabil.

Clooney mengatakan, di antara kekejaman yang tengah berlangsung di Sudan, terdapat kasus pemerkosaan massal di Desa Tabit. Desa ini menjadi semacam model desa pengungsi yang dananya diperoleh dari Qatar.

”Dari hasil survei terhadap 130 saksi dan korban selamat, setidaknya 221 perempuan telah diperkosa oleh tentara Sudan dalam kurun waktu 36 jam, Oktober lalu,” ungkapnya. Pasukan penjaga keamanan yang ingin menyelidiki insiden tersebut mendapat intimidasi dari Pemerintah Sudan dan hanya diperbolehkan berada di bagian kota saja.

BERITA TERKAIT

Kegiatan Clooney di bidang kemanusiaan ini menarik perhatian Presiden AS Barack Obama. Obama pernah mengundang Clooney ke Capitol Hill untuk mendiskusikan persoalan kemanusiaan di Sudan.

Clooney yang juga berprofesi sebagai sutradara dan produser film itu tahun ini mendapat penghargaan Cecil DeMille di Golden Globe 2015 untuk kontribusi luar biasa di bidang perfilman. Ia banyak mengungkap masalah perang dan kemanusiaan di filmnya.

(Lusiana Indriasari)

Sumber: KOMPAS
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas