Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Profesor Nyentrik dari Amerika Ini Mengaku Punya Penyanyi Dangdut Favorit, Ini Dia Daftarnya

Dia saat ini sibuk menyiapkan penerbitan bukunya berjudul Modern Noise, Fluid Genres: Popular Music in Indonesia, 1997-2001 dalam bahasa Indonesia.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Profesor Nyentrik dari Amerika Ini Mengaku Punya Penyanyi Dangdut Favorit, Ini Dia Daftarnya
Jeremy Wallach
Jeremy Wallach 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jeremy Wallach, professor etnomusikolog asal Amerika Serikat yang pernah melakukan penelitian terhadap musik dangdut di Indonesia tahun 1997-2001 kini sedang berada di Indonesia.

Dia saat ini sibuk menyiapkan penerbitan bukunya berjudul Modern Noise, Fluid Genres: Popular Music in Indonesia, 1997-2001 dalam bahasa Indonesia.

Dalam wawancara Tribunnews dengannya di Arion Swiss-Belhotel Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/7/2017), Jeremy mengungkapkan nama-nama penyanyi dangdut Indonesia yang menjadi favoritnya.

Berikut ini nama-namanya:

1. Manis Manja

Manis Manja adalah group vokal dangdut perempuan yang terbentuk sejak tahun 1992. Personel grup vokal itu terdiri dari Ine Synthia, Yulia Citra, Kitty Nurbaiti, Murni, dan Lilis Karlina.

Manis Manja Group
Manis Manja Group
BERITA TERKAIT

Grup vokal ini dikenal dengan lagu-lagu andalan seperti Hanya Cinta yang Kupunya, Jodoh, dan Manis Manja. Generasi awal Girl Band itu juga pernah mendapatkan penghargaan untuk Duo, Group/Kolaborasi Dangdut Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards.

2. Elvy Sukaesih

Elvy adalah penyanyi dangdut legendaris Indonesia yang dijuluki “Ratu Dangdut”. penyanyi bernama asli Else Sukaesih lahir di Jakarta pada 25 Juni 1951.

Album lagu dangdut Elvy Sukaesih
Album lagu dangdut Elvy Sukaesih

Kariernya sebagai penyanyi dangdut mulai menanjak sekitar awal tahun 1970an ketika menjadi penyanyi pendamping Rhoma Irama pada grup musik Orkes Melayu Soneta. Lagu-lagu andalannya antara lain, Mandi Madu, Gula-Gula, dan Colak-Colek.

3.  Asep Irama

Album lagu dangdut Asep Irama
Album lagu dangdut Asep Irama

Asep Irama adalah penyanyi dangdut pria tuna netra yang lagu-lagunya terkenal pada decade 1990an. Ciri khas Asep Irama adalah kaca mata hitam yang tak pernah luput dari wajahnya dan joget kanan-kirinya yang khas.

Lagu-lagu andalannya antara lain, Jalanan, Cerita Cinta, Nada Dakwah, dan Orang Ketiga.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas