Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Mulai Dari Pengabdi Setan Hingga Kartini, Film-Film Ini Ramaikan Nominasi FFI 2017

Pada FFI 2017 terdapat 22 kategori yang terdiri dari 18 nominasi untuk film panjang serta empat nominasi untuk film pendek, animasi, dan dokumenter

Editor: Content Writer
zoom-in Mulai Dari Pengabdi Setan Hingga Kartini, Film-Film Ini Ramaikan Nominasi FFI 2017
dok. Kemendikbud
Malam Nominasi Festival Film Indonesia 2017, di Jakarta, Kamis (5/10/2017). 

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 resmi mengumumkan daftar nominasinya, Kamis (5/10/2017) malam di Raffles Hotel, Jakarta Selatan.

Festival Film Indonesia (FFI) sendiri merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia.

Pada FFI 2017 terdapat 22 kategori yang terdiri dari 18 nominasi untuk film panjang serta empat nominasi untuk film pendek, animasi, dan dokumenter. Sisanya merupakan penghargaan khusus berupa lifetime achievement dan in memoriam.

Dari sekitar 100 judul film yang mengikuti proses seleksi, keluar 49 film yang terdiri dari 21 film cerita panjang, 6 film dokumenter panjang, 7 film dokumenter pendek, 10 film pendek, dan 5 film animasi pendek.

Tercatat film horor Pengabdi Setan menguasai nomine FFI dengan menyabet 13 nominasi, sedangkan film Posesif mampu menempatkan 10 wakilnya meskipun belum masuk jaringan bioskop besar. Sementara Cek Toko Sebelah dan Sweet 20 ikut mencetak prestasi dengan masing-masing 9 nominasi.

Diantara semua film tersebut, muncul satu film biopic yang berhasil menarik perhatian penonton. Kartini, film biopic tentang tokoh pahlawan R.A. Kartini berhasil menempatkan 14 wakil dalam 1 kategori.

Kartini
Salah satu adegan dalam film Kartini.

Film arahan sutradara kondang, Hanung Bramantyo ini akan bersaing dengan film-film lain yang memang genre-nya lebih disukai oleh anak muda, seperti drama, komedi, dan horor. Namun, film Kartini tak bisa juga diremehkan.

BERITA TERKAIT

Dibintangi oleh aktris Dian Sastrowardoyo, film tersebut menyuarakan arti penting pendidikan, terutama di tengah permasalahan kualitas pendidikan serta penyebaran pendidikan di Indonesia yang belum merata.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) selaku instansi yang bekerja sama dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI) pun, berharap film-film yang mengangkat tema budaya dan sejarah Indonesia tetap eksis di tahun-tahun ke depan dan meraih penonton lebih banyak lagi.

Adapun Pemenang Piala Citra bakal diumumkan pada 11 November 2017 di Manado, Sulawesi Utara. Berikut daftar lengkap nominasi FFI 2017. (*)

A. Penata Busana Terbaik:

1. Anggia Kharisma - Filosofi Kopi 2: Ben & Jody
2. Dara Asvia - Sweet 20
3. Gemailla Gea Geriantiana - Night Bus
4. Isabelle Patrice - Pengabdi Setan
5. Retno Ratih Damayanti - Kartini

B. Penata Rias Terbaik:

1. Cherry Wirawan - Night Bus
2. Cherry Wirawan, Dian Anggraini - Gerbang Neraka
3. Cika Rianda - Posesif
4. Darwyn Tse - Pengabdi Setan
5. Darto Unge - Kartini

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas