Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Warisan Yon Koeswoyo Bersama Koes Plus untuk Anak-anak Indonesia

Yon Koeswoyo meninggal dunia di usia 77 tahun, Jumat (5/1/2017) pagi. Karya-karyanya bersama Koes Plus akan dikenang sepanjang masa.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Warisan Yon Koeswoyo Bersama Koes Plus untuk Anak-anak Indonesia
TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
Aksi panggung grup band legendaris Koes Plus saat tampil pada Konser Jakarta Dekade di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Jumat (11/12/2015) malam. Yon Koeswoyo, sang vokalis dan gitaris, tetap energik di usia 73 tahun. Ia tampil bersama musisi muda generasi ke-dua keluarga Koeswoyo. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Yon Koeswoyo meninggal dunia di usia 77 tahun, Jumat (5/1/2017) pagi. Karya-karyanya bersama Koes Plus akan dikenang sepanjang masa.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa Yon bersama band yang membesarkan namanya itu, punya kontribusi membuat lagu untuk anak-anak. 

Boleh jadi cuma Koes Plus, kelompok musik orang dewasa, yang menyediakan waktu membuat album khusus untuk mereka. Bahkan sampai beberapa volume.




Baca: Yon Koeswoyo Meninggal, Glenn Fredly: Insan Musik Indonesia Berbelasungkawa

Judul kasetnya adalah Pop Anak-Anak. Isinya sejumlah lagu semisal "Kupu-kupu", "Pok Ami-Ami", "Kereta Api", "Ke Sekolah", dan "Tri Lila Lili".

Walau dibuat khusus bagi anak-anak, aransemen musik kaset yang dikeluarkan Remaco Records itu, tetap lengkap dan khas ala Koes Plus.

Entah sudah berapa banyak lagu-lagu Koes Plus yang diracik ulang oleh musisi-musisi zaman now.

BERITA TERKAIT

Baca: Vokalis Koes Plus, Yon Koeswoyo Tutup Usia 

Serunya, walau cover version, popularitas sebagian di antaranya tidak kalah bahkan melampaui versi aslinya. Tapi sepanjang ingatan berjalan, sepertinya tidak ada cover version khusus untuk lagu anak-anak Koes Plus.

Nah, di momen kepergian Yon Koeswoyo, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) tidak hanya ingin bernostalgia.

Baca: Menengok Perjalanan Yon Koeswoyo Bersama Koes Plus

LPAI, dalam rilisnya, mengajak seluruh pencipta lagu, penyanyi, penata musik, dan produser musik untuk menemukan kembali inspirasi yang pernah Koes Plus persembahkan kepada anak-anak Indonesia.

Inspirasi berupa keterpanggilan hati untuk menceriakan hati dan memperkaya perbendaharaan kata anak-anak dengan semantik yang santun, sukaria, sepantaran dengan usia mereka.

LPAI percaya, karya yang tercurah dari hati akan hidup lestari. Lagu anak-anak Koes Plus, dengan Yon sebagai vokalis utamanya, adalah bukti.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas