Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Perihnya Hidup Asisten Penata Gaya Selebriti Korea, Lembur Tak Resmi Gaji Pun Rendah

Asisten penata rambut harus mengambil potongan dari merek, sponsor atau rumah mode dan juga mengembalikannya setiap hari.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Perihnya Hidup Asisten Penata Gaya Selebriti Korea, Lembur Tak Resmi Gaji Pun Rendah
kolase/banjarmasin post

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh cabang Asosiasi Pekerja Wanita Korea Seoul mengenai kondisi kerja asisten penata rambut mengungkapkan kebenaran kerasnya bekerja di industri ini.

Lebih dari 80 persen dari 203 orang yang disurvei melaporkan bahwa mereka dibayar kurang dari $ 1.000 USD sebulan, 93,1 persen bekerja lebih dari delapan jam sehari dan 40,7 persen bekerja lebih dari 12 jam.

Sebanyak 93,6 persen yang disurvei adalah perempuan dan 78,3 persen di antaranya berusia antara 20 dan 25 tahun.

Jadi, kesimpulannya adalah beberapa wanita berusia awal 20-an bekerja lebih dari delapan jam sehari, kadang-kadang tujuh hari seminggu dan tidak menghasilkan $ 1000 USD sebulan

Tugas asisten penata gaya dibuat sulit oleh tuntutan fisik pekerjaan itu.

Asisten penata rambut harus mengambil potongan dari merek, sponsor atau rumah mode dan juga mengembalikannya setiap hari.

asisten penata rambut (koreaboo)
asisten penata rambut (koreaboo) ()

Bayangkan saja jika ada seorang aktor atau idola membutuhkan lima hingga enam buah merek per adegan atau acara setiap hari, maka akan banyak pakaian yang dibutuhkan.

BERITA REKOMENDASI

Di atas kerja fisik, lebih banyak rintangan menunggu.

Dia harus mempertimbangkan apa yang mungkin disukai atau tidak suka sang idola dan apa yang mungkin diinginkan oleh merek atau sponsornya untuk dipilih.

Tugas akan lebih ringan jika Anda adalah asisten seorang penata gaya yang bertanggung jawab atas aktor atau penyanyi yang terdaftar, kemungkinan besar Anda hanya mengurusi rumah mode dan merek.

Seorang asisten penata gaya berbicara tentang saat dia tahu bahwa tidak mungkin dia akan mendapatkan perlakuan yang adil.

"Pada hari penjemputan, entah mengapa tiba-tiba saja perusahaan merek tersebut menyatakan bahwa mereka tidak meminjamkan produk mereka kepada penghibur berlatar belakang penyiar. Aku tak bisa berdebat dengan mereka saat itu juga. Jika Anda dicap buruk oleh mereka, mereka mungkin membatalkan sponsor di kemudian hari.

Pakaian bermerk yang harus diambil asisten (koreaboo)
Pakaian bermerk yang harus diambil asisten (koreaboo) ()

Suatu ketika, diputuskan bahwa saya akan mengambil bagian tertentu dari rumah mode khusus ini. Tapi kemudian pada hari yang sama, mereka memberi tahu saya bahwa seorang aktor terdaftar lainnya memutuskan untuk mengambilnya, " ujarnya seperti dilansir BPost Online dari Koreaboo.

Situasi bisa menjadi lebih mengerikan lagi bagi seorang asisten penata gaya yang bekerja dengan label tingkat perusahaan yang harus berurusan dengan para selebriti idola.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas