Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Tiga Patung Didi Kempot Senilai Rp 300 Juta Dijadwalkan Rampung Usai Lebaran

Tiga patung yang dibuatnya, akan diserahkan kepada dua istri Didi Kempot. Sementara satunya lagi bakal dilepas melalui proses lelang.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Tiga Patung Didi Kempot Senilai Rp 300 Juta Dijadwalkan Rampung Usai Lebaran
Tribunjogja.com/Azka Ramadhan
Proses pembuatan patung Didi Kempot oleh salah satu seniman Studio Logam Sakti, Bantul, Jumat (22/5/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, BANTUL - Studio Logam Sakti yang bermarkas di Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, mendedikasikan tiga buah patung Didi Kempot sebagai wujud cinta dari penggemar.

Rencananya, patung tersebut akan diserahkan pada keluarga sang maestro campursari itu.

Owner Studio Logam Sakti, Rinto Irvanda mengungkapkan, inisiatif ini muncul karena dilatarbelakangi kekagumannya pada sosok Didi Kempot.

Baca: Gempa 4,1 SR Guncang Kuta Selatan, Getarannya Terasa Sampai ke Mataram

Ia mengaku telah berkomunikasi dengan istri mendiang, untuk menyerahkan patung itu sebagai kenang-kenangan dari penggemar.

Tiga patung yang dibuatnya, akan diserahkan kepada dua istri Didi Kempot.

Patung Didi Kempot_2
Proses pembuatan patung Didi Kempot oleh salah satu seniman Studio Logam Sakti, Bantul, Jumat (22/5/2020).

Sementara satunya lagi bakal dilepasnya melalui proses lelang, dimana hasil yang didapat dari situ, sepenuhnya disumbangkan, atau didonasikan untuk para pekerja seni terdampak wabah Covid-19.

"Untuk pelelangan ini juga sudah mendapat izin dari pihak keluarga. Keluarga tidak mempermasalahkan ya, karena ini untuk keperluan sosial," katanya, Jumat (22/5/2020).

Baca: Ditanya Penghasilan, Jawaban Nikita Mirzani Soal Rp 1,8 Miliar Dalam 2 Hari Bikin Atta Kaget : Waw !

BERITA TERKAIT

Rinto mengakui, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk merealisasikan tiga patung tersebut.

Diperlukan anggaran sekira Rp 100 juta per unit, lantaran karya seni ini dibuat menggunakan material fiber glass, dengan tanah liat sebagai bahan mal, atau cetakan utamanya.

"Patung setengah badan, ukuran 54 centimeter, dengan lebar 45 centimeter. Puasa minggu ke dua pengerjaannya kita mulai ya, insyaallah sehabis lebaran selesai dan bisa diserahkan pada keluarga pas 40 hari meninggalnya Pak Didi Kempot," ucapnya.

Beruntung, rekan-rekan sejawatnya memberikan support penuh untuk Rinto, baik tenaga dan biaya, sehingga mimpi membuat mahakarya untuk mengenang sang idola ini bisa terealisasi.

Baca: Soroti Prank Sampah hingga Lelang Keperawanan, Penyitas Covid-19: Prihatin, Bukan Masyarakat Cerdas

Menurutnya, dalam proses pembuatan patung, studionya melibatkan tiga seniman sekaligus.

"Ya, saya ini memang menggemari Didi Kempot dari dulu. Pribadinya sebagai sosok gigih dan pantang menyerah itu sangat menginspirasi saya. Melalui patung ini, saya ingin mengenang beliau, jadi tanda tresna lah," ujarnya.

"Sebenarnya, kalau nanti ada rezeki, patungnya ingin saya perunggukan, dan kalau diperbolehkan bisa dipasang di makamnya Pak Didi Kempot," tambah Rinto sembari menyungging senyum.

Sementara itu, salah satu seniman yang terlibat dalam pembutan patung Didi Kempot ini, Musahid menandaskan bahwa hal tersebut menjadi kehormatan tersendiri baginya.

Baca: Masih PSBB, Pemerintah Kota Tangerang Imbau Warga Tidak Gelar Takbir Keliling

Pasalnya, secara pribadi dirinya juga mengidolakan sang maestro campur sari itu sejak masa muda.

"Ini menjadi beban buat saya, tapi ya senang sekali, karena beliau figur luar biasa yang sangat dikenal. Kalau kesulitan mungkin karena referensi gambar yang berbeda-beda, jadi curahkan sepengetahuan saya dari layar kaca, karena belum pernah tatap muka," ujarnya. (Tribunjogja.com|Azka Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Tiga Patung Didi Kempot Buatan Bantul Dijadwalkan Selesai Setelah Lebaran

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas