Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Artis Terjerat Narkoba

Jefri Nichol Penasaran Mengapa Ganja Dikategorikan Narkotika Golongan 1? Ini Jawaban BNN

Terkenal mampu menyembuhkan beberapa penyakit, Jefri Nichol penasaran mengapa tanaman ganja dikategorikan sebagai narkotika golongan satu

Jefri Nichol Penasaran Mengapa Ganja Dikategorikan Narkotika Golongan 1? Ini Jawaban BNN
Tribunnews/Herudin
Aktor Jefri Nichol (tengah) menghadiri jumpa pers dan Gala Premier film Habibie & Ainun 3 di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019). Kehadiran Jefri Nichol mengejutkan wartawan dan undangan lainnya karena saat ini ia sedang menjalani masa rehabilitasi selama tujuh bulan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO). Pada film Habibie & Ainun 3, Jefri Nichol berperan sebagai Ahmad, sosok yang sangat mengagumi Ainun dan menjadi orang terdekatnya. Tribunnews/Herudin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terkenal mampu menyembuhkan beberapa penyakit, Jefri Nichol penasaran mengapa tanaman ganja dikategorikan sebagai narkotika golongan satu sebagai narkotika jenis tanaman.

Bahkan rasa penasarannya itu sempat ia utarakan kepada penyidik saat ia terjerat kasus narkotika pada Juli 2019 lalu.

"Waktu di BAP saya tanya pada penyidik ‘mas kenapa ganja di Indonesia masih golongan satu?’ gitu kan," kata Jefri Nichol dalam talkshow online di Voidotid, Kamis (18/6/2020).

"Ya yang berarti nggak boleh dipake untuk terapi hanya untuk penelitian, jadi kalau nggak boleh dipake terapi kan dokter nggak boleh merekomendasikan (untuk jadi obat) dong," terangnya.

Namun, Jefri Nichol mengaku tak mendapatkan jawaban yang memuaskan saat itu.

"Dan penyidik saya dengan gampangnya bilang ‘gak tahu’ gitu doang," bebernya.

Baca: Jefri Nichol: Tidak Seharusnya Pesakitan Narkoba Disebut Penjahat

Baca: MUI Nilai Selain RUU HIIP, Omnibus Law Perlu Diwaspadai dan Diawasi, Ini Alasannya

Aktor Jefri Nichol digugat oleh Falcon Pictures
Aktor Jefri Nichol 

"Sesimpel itu, saya nggak dapat pengetahuan yang saya mau dapat dari penyidik saya seharusnya dia ngasih tahu dong," ujarnya.

Pemeran film Habibie & Ainun 3 itu pun menggunakan kesempatannya saat bertemu dengan Susanto perwakilan dari BNN untuk mengutarakan rasa penasarannya itu.

"Jadi pengolongan narkotika itu sebenarnya ada didalam lampiran UU no 35 tentang narkotika. Di lampiran pertama itu golongan satu apa aja semua masuk ya barangkali nggak dibaca aja tetapi ganja masuk golongan 1 udah yuridis lah ya artinya formil itu sudah ada," ujar Susanto perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Halaman
12
Penulis: bayu indra permana
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas