Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Biasa Jadi Dubber, Yuki Kato Sulit Membangun Emosi Saat Isi Suara Karakter Mulan

Yuki Kato (25) sangat senang dan terhormat, didapuk untuk mengisi suara atau dubbing peran Mulan dalam film live-action Disney’s 'Mulan' versi Indones

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Biasa Jadi Dubber, Yuki Kato Sulit Membangun Emosi Saat Isi Suara Karakter Mulan
Tribunnews.com/Bayu Indra Permana
Yuki Kato pengisi suara Mulan dalam Bahasa Indonesia, saat jumpa pers virtual jelang perilis film Mulan di Indonesia yang akan tayang di Disney+ Hotstar. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com/Arie Puji Waluyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bintang sinetron, film, dan presenter Yuki Kato (25) sangat senang dan terhormat, didapuk untuk mengisi suara atau dubbing peran Mulan dalam film live-action Disney’s 'Mulan' versi Indonesia.

Yuki Kato merasa seperti mimpi, dikarenakan film Mulan merupakan karya yang sering ia saksikan sejak masih kecil.




Menjadi dubber bukan hal pertama kali dilakukan oleh Yuki Kato. Sebab, ia sudah pernah menjadi dubber sejak 2015.

"Tapi kali ini jadi dubber ini film live action, di mana aktor sudah bermain dan sudah ada emosinya tapi harus dubbingin. Itu yang susah," kata Yuki Kato dalam jumpa pers virtual film live-action Disney’s 'Mulan', belum lama ini.

Tak hanya emosi, yang sulit dilakukan Yuki guna mendubbing suara peran Mulan adalah mengikuti mimik dalam mengisi suaranya

Baca juga: Yuki Kato Merasa Terhormat, Namun Tak Percaya Diri Isi Suara Mulan

Baca juga: Jadi Pengisi Suara Film Mulan, Yuki Kato, Luna Maya & Dion Wiyoko Berbagi Keseruan, Alami Kesulitan

Baca juga: Sedih Anjingnya Mati, Bantu Luna Maya untuk Adegan Emosional Saat Isi Suara Karakter di Film Mulan

Yuki Kato pengisi suara Mulan dalam Bahasa Indonesia, saat jumpa pers virtual jelang perilis film Mulan di Indonesia yang akan tayang di Disney+ Hotstar.
Yuki Kato pengisi suara Mulan dalam Bahasa Indonesia, saat jumpa pers virtual jelang perilis film Mulan di Indonesia yang akan tayang di Disney+ Hotstar. (Tribunnews.com/Bayu Indra Permana)

"Jujur ini dubbing yang tantangan banget. Ya based on Mulan, Mulan itu berani," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Selama merekam suaranya, wanita kelahiran Malang, Jawa Timur, 2 April 1995 itu mengaku menjalaninya dengan susah-susah gampang guna membangun emosinya.

Hanya saja hal tersulit diakui oleh wanita bernama lengkap Yuki Anggraini Kato itu ialah mendubbing naskah yang awalnya berbahasa Inggris, menjadi bahasa Indonesia.

Pasalnya, Yuki menilai, satu kata bahasa Inggris jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, bisa dua atau tiga kata. Sehingga, ketika membacakan naskah cukup kesulitan.

"Tapi seiring berjalannya waktu bisa kita sesuaikan, aku nntn animasi nya dulu biar aku tahu tentang Mulan. Dan banyak film disney di dubbing dan itu membantu aku," jelasnya.

Lebih lanjut, Yuki Kato selama mendubbing peran Mulan dalam film 'Mulan' yang rencananya akan tayang eksklusif di Disney+ Hotstar, pada 4 Desember 2020 tersebut, banyak hal yang ia pelajari.

Karena, Yuko Kato menganggap mejadi dubber tidak begitu mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan.

"Selama rekaman, juga ada dubber profesional, artikulasi, emosi, intonasi, dinamikanya. Itu pakemnya," ujar Yuki Kato.

Film live-action Disney’s 'Mulan', menceritakan tentang prajurit perempuan yang legendaris. Dalam penayangannya, film tersebut akan berbahasa Indonesia.

Selain Yuki Kato yang mengisi suara, terdapat beberapa artis lain yang juga terjun menjadi dubber, diantaranya Luna Maya sebagai Xianniang dan Dion Wiyoko sebagai Honghui.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas