Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Artis, Host dan Talent TV Abai Protokol Kesehatan, Face Shield Tanpa Masker Tak Direkomendasikan

KPI menyikapi ramainya face shield tanpa masker yang dipakai artis saat siaran. KPI menilai banyak artis abai protokol kesehatan.

Penulis: Bayu Indra Permana
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Artis, Host dan Talent TV Abai Protokol Kesehatan, Face Shield Tanpa Masker Tak Direkomendasikan
Capture YouTube TRANS TV Official
Vicky Prasetyo, Melaney Ricardo, Inul Daratista dan Ramzi dalam tayangan 'Kopi Viral', Jumat (13/11/2020) terlihat menggunakan face shield saat siaran di televisi. KPI menilai Artis, Host dan Talent TV Abai Protokol Kesehatan, Face Shield Tanpa Masker Tak Direkomendasikan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Buntut dari keluhan dokter Tirta Hudi dan tenaga kesehatan lainnya di Satgas Covid-19 membuat Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bersikap.

KPI menggelar rapat dan hasilnya, KPI akan menyampaikan pada seluruh Lembaga Penyiaran (LP) televisi untuk mengevaluasi programnya agar tidak lagi hanya memakai faceshield alias pelindung wajah saat siaran tetapi juga mengenakan masker.

"Tadi malam kami melakukan rapat koordinasi dan evaluasi dengan ketua Satgas Covid-19 dan jajarannya," ujar Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Purnomo kepada awak media, Selasa (12/1/2021).

Baca juga: Artis Kenakan Face Shield Tanpa Masker di Televisi, Satgas Covid-19: Segera Ditertibkan

Baca juga: KPI Undang Pengelola Lembaga Penyiaran TV Bahas Artis Pakai Face Shield Tanpa Masker




"Perhatian LP televisi sudah cukup kooperatif dengan kebijakan protokol kesehatan, tetapi ada celah dalam keputusan KPI Pusat terkait face shield yang menurut kami harus segera dievaluasi," lanjutnya.

Deretan face shield modis yang digunakan oleh artis dan musisi ternama di Indonesia. Ini Gaya Face Shield Modis Melly Goeslaw hingga Syahrini.
Deretan face shield modis yang digunakan oleh artis dan musisi ternama di Indonesia. Ini Gaya Face Shield Modis Melly Goeslaw hingga Syahrini. (kolase/instagram Refounders)

Mulyo mengatakan bahwa dari temuan Satgas Covid-19, face shield tidak direkomendasikan untuk dijadikan sebagai protokol kesehatan.

"Karena berdasarkan kajian face shield tidak lagi direkomendasikan sebagai bentuk pemberlakuan prokes (protokol kesehatan) Covid-19,"jelasnya.

"KPI sangat memperhatikan kebijakan Satgas Covid-19," lanjut Mulyo.

BERITA TERKAIT

Oleh karena itu pihak KPI akan mengajak para lembaga penyiaran televisi untuk
membahas hasil dari temuan Satgas Covid-19 soal penggunaan face shield.

"Karena itu, hari Rabu(hari ini) kami akan mengundang seluruh LP TV untuk mendengarkan temuan-temuan data dan kebijakan yang diharapkan berlaku pada produksi program siaran," ucapnya.

Beberapa hari lalu Dokter Tirta influencer yang juga bagian dari relawan peduli pencegahan Covid-19 mengkritisi artis-artis yang tampil live di televisi hanya menggunakan face shield.

Terlebih lagi semakin kesini bentuk face makin beragam dan cenderung meninggalkan fungsinya untuk melindungi wajah.

Bahkan dokter Tirta sempat berseteru dengan Melly Goeslaw yang memang kerap menggunakan face shield berbentuk unik.

Banyak Host dan Talent di TV Tak Jaga Jarak

Vicky Prasetyo, Melaney Ricardo, Inul Daratista dan Ramzi dalam tayangan 'Kopi Viral', Jumat (13/11/2020). Vicky mengaku trauma jika melihat polisi.
Vicky Prasetyo, Melaney Ricardo, Inul Daratista dan Ramzi dalam tayangan 'Kopi Viral', Jumat (13/11/2020). Vicky mengaku trauma jika melihat polisi. (Capture YouTube TRANS TV Official)

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga meminta para artis yang tampil di televisi lebih
memperhatikan protokol keseharan Covid-19.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas