Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Berkarya di Industri Film Selama 20 Tahun, Sutradara Rudi Soedjarwo Akui Masih Gelisah  

Lama berkecimpung di industri film dan banyak meraih penghargaan, ternyata tidak membuat seorang sutradara Rudi Soedjarwo merasa puas.

Berkarya di Industri Film Selama 20 Tahun, Sutradara Rudi Soedjarwo Akui Masih Gelisah  
nur ichsan/warta kota
STAY WITH ME - Rudi Soedjarwo, pada acara press screening film Stay With Me di XXI Kemang Village, Jakarta Selatan, Minggu (21/2). Film produksi PT Integrated Film Solution, dan merupakan karya film yang ke 26 sutradara Rudi Soedjawo, ini bercerita tentang, seorang pria bernama Boy (Boy William) bertemu dengan Deyna (Ully Triana), yang telah mengisi hatinya, tapi harus berpisah karena Deyna pindah ke Eropa. Sampai suatu saat takdir mempertemukan mereka kembali saat sudah berkeluarga, Pada akhirnya mereka memiliki satu jalan pikiran yang sama bahwa mereka harus menemukan cerita masa lalu yang akhirnya menyatukan mereka dalam ikatan perkawinan. WARTA KOTA/nur ichsan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lama berkecimpung di industri film dan banyak meraih penghargaan, ternyata tidak membuat seorang sutradara Rudi Soedjarwo merasa puas.

Ia masih mempunyai kegelisahan di industri film yang sudah tekuni selama 20 tahun terakhir.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Webminar Nasional, 'Semangat Berkarya di Tengah Pandemi' yang diselenggarakan oleh Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Kamis (22/4/2021).

"Film bagi saya adalah alat komunikasi dan alat pemberdayaan, mungkin setiap filmmaker, sutradara, produser punya peran dan kegelisahan masing-masing," ungkap Rudi Soedjarwo.

Menurutnya, selama berkarya lama di industri film ia masih mempunyai kegelisahan hingga sekarang yang belum terjawab.

Baca juga: Film-film Terbaik Sutradara Wong Kar-Way Hadir di Klik Film

"Kalau saya pribadi kegelisahan saya selalu pengen punya film yang pemainnya baru, fresh, bakatnya baru, krunya juga," ujarnya.

"Nah kegelisahan ini belum terjawab buat saya, selama 20 tahun di film," tambahnya.

Rudi menjelaskan bahwa sekian banyak jumlah penduduk Indonesia dari berbagai daerah, namun di kalangan pemeran film, aktor dan aktrisnya terlihat itu itu saja.

STAY WITH ME - Suasana pada acara press screening film Stay With Me di XXI Kemang Village, Jakarta Selatan, Minggu (21/2). Film produksi PT Integrated Film Solution, dan merupakan karya film yang ke 26 sutradara Rudi Soedjawo, ini bercerita tentang, seorang pria bernama Boy (Boy William) bertemu dengan Deyna  (Ully Triana), yang telah mengisi hatinya, tapi harus berpisah karena Deyna pindah ke Eropa. Sampai suatu saat takdir mempertemukan mereka kembali saat sudah berkeluarga, Pada akhirnya mereka memiliki satu jalan pikiran yang sama bahwa mereka harus menemukan cerita masa lalu yang akhirnya menyatukan mereka dalam ikatan perkawinan. WARTA KOTA/nur ichsan
STAY WITH ME - Suasana pada acara press screening film Stay With Me di XXI Kemang Village, Jakarta Selatan, Minggu (21/2). Film produksi PT Integrated Film Solution, dan merupakan karya film yang ke 26 sutradara Rudi Soedjawo, ini bercerita tentang, seorang pria bernama Boy (Boy William) bertemu dengan Deyna (Ully Triana), yang telah mengisi hatinya, tapi harus berpisah karena Deyna pindah ke Eropa. Sampai suatu saat takdir mempertemukan mereka kembali saat sudah berkeluarga, Pada akhirnya mereka memiliki satu jalan pikiran yang sama bahwa mereka harus menemukan cerita masa lalu yang akhirnya menyatukan mereka dalam ikatan perkawinan. WARTA KOTA/nur ichsan (nur ichsan/warta kota)

"Dari awal gelisah kok pemainnya itu-itu aja sih, mana nih yang dari Sumatera kok ga ada yg keluar, daro Indramayu, Jawa Timur, Jawa Tengah, mana semuanya nih," jelasnya

"Kenapa kalo kita liat di layar lebar di entertainment kok mukanya itu-itu aja bertahun-tahun," tambahnya.

Baca juga: Pilih Jadi Aktor atau Sutradara? Ini Jawaban Tora Sudiro

Hal tersebut menjadi kegelisahan yang belum terjawab hingga sekarang bagi dirinya.

Namun dengan kegelisahan ini, menjadi alasan ia untuk tetap berkarya di industri film, dan menjadi motivasi dirinya untuk mencari bakat-bakat akting di pelosok tanah air.

Sekedar informasi, Rudi Soedjarwo sudah berkecimpung di industri film sejak tahun 2000. Namanya lebih dikenal masyarakat saat mensutradarai film Ada Apa Dengan Cinta tahun 2002.

Bebeberapa film yang ditanganinya membuat dirinya meraih prestasi, di antaranya yakni Sutradara Terbaik Festival Film Indonesia 2004 dan Sutradara Terbaik JIFFEST 2006 (Jakarta International Film Festival).

Ikuti kami di
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas