Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Once Mekel Rasakan Pentingnya Berwiraswasta, Bisa Isi Dompet Saat Job Musik Sepi karena Pandemi

nce menyebut telah merambah ke dunia bisnis sebelum pandemi covid-19 melanda di Indonesia dengan membuka cafe bernama Mayosi Cafe and Eatery.

Once Mekel Rasakan Pentingnya Berwiraswasta, Bisa Isi Dompet Saat Job Musik Sepi karena Pandemi
Tribunnews/Irwan Rismawan
Penyanyi Once Mekel saat wawancara khusus dengan Tribun Network di studio musiknya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Once Mekel mengakui jika industri musik menjadi salah satu sektor yang sangat terdampak akibat pandemi Covid-19.

Tak sedikit rekan-rekannya yang beralih dari pekerjaannya sebagai musisi menjadi pebisnis untuk terus dapat mengasapi dapur rumahnya.

Termasuk dirinya, Once menyebut telah merambah ke dunia bisnis sebelum pandemi covid-19 melanda di Indonesia dengan membuka cafe bernama Mayosi Cafe and Eatery.

Baca juga: Once Mekel Bicara Nasib Musisi Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Sulit Diprediksi

Baca juga: Pandangan Once Mekel Sebagai Artis Terhadap PP Royalti Musik

Dari usahanya tersebut, pria yang identik dengan rambut panjang itu bersyukur masih bisa mendapatkan pemasukan lain ditengah pandemi Covid-19 meskipun tak meninggalkan pekerjaannya di dunia musik.

"Banyak artis yang buka usaha, cuma memang saya udah pernah memulai usaha ini sebelum covid, udah punya penghasilan yang berbeda dari pekerjaan saya sebagai musisi," kata Once saat melakukan wawabcara ekslusif dengan Tribunnews, Rabu (23/6/2021).

Penyanyi Once Mekel berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di studio musiknya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan
Penyanyi Once Mekel berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di studio musiknya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Setidaknya dompet terisi, pendapatan aman karena bisnisnya ini. 

"Saya bersyukur masih punya pendapatan dari sumber lain," imbuhnya.

Pelantun lagu Symphoni Yang Indah itu pun memiliki pandangan sendiri, apabila semua yang dilakukannya saat ini merupakan pembejalaran untuk terus melakukan hal kreatif salah satunya dalam berwiraswasta.

Kemampuan tersebut nyatanya juga menjadi kunci penting di tengah pandemi covid-19 ini agar tetap terus bertahan melewati masa-masa sukit saat ini.

"Untuk menjamin kehidupan pribadi maupun dengan keluarga harus punya kemampuan berwiraswasta meskipun dimulai dari kecil, dan itu yg harus kita punya dan jadi pelajaran bukan hanya artis tapi sebagian besar masyarakat Indonesia," ucap pemilik nama asli Elfonda Mekel itu.

"Lebih baik mulai dari pada engga sama sekali," tutupnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas