Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Ria Prawiro Hadirkan Mark Pattie Lewat Lagu Ciptaannya 'Tetap Cinta'

Ria Prawiro akhirnya kembali ke panggung musik dengan merilis lagu baru ciptaannnya berjudul 'Tetap Cinta'.

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Ria Prawiro Hadirkan Mark Pattie Lewat Lagu Ciptaannya 'Tetap Cinta'
Dok. pribadi
Ria Prawiro dan Mark Pattie 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pencipta lagu dan produser Ria Prawiro akhirnya kembali ke panggung musik dengan merilis lagu baru ciptaannnya berjudul 'Tetap Cinta'.

Ria Prawiro yang memulai karirnya di era 80-an silam ini, tak membawakan karyanya sendiri seperti yang pernah dilakukannya pada tahun 1987 lewat lagu 'Kalau' yang cukup melodius dan menjadi soundtrack Film Catatan Si Boy 1 kala itu.

Single 'Tetap Cinta' ini dipercayakannya lewat vokal Mark Pattie yang muncul lewat ajang The Voice Indonesia 2016. Lagu bernuansa pop ini serasa klop dengan suara gentle Mark dan mampu masuk ke unsur lagunya.

"Aku sangat menyukai lagu ini, terutama pada lirik 'detak jantungku tak berhenti, jiwa pun aku berikan'.. Penggalan lirik ini sangat berkesan dan maknanya sangat dalam menurutku tentang apa itu kasih yang sesungguhnya," aku Mark Pattie terhadap single yang dinyanyikannya tersebut.

Lagu ini juga membuat Mark Pattie mampu menjawab tantangan baru. 'Tetap Cinta' lebih bernuansa pop dan berbeda dengan genre yang selama ini digeluti Mark yakni RnB yang kekinian.
"Lagu ini terkesan lebih dewasa dan secara keseluruhan puas banget," jujur cowok kelahiran Jakarta, 20 Maret 1997 ini.

Menanggapi hal tersebut, Ria Prawiro sebagai pencipta mengakui hal yang sama. Dirinya memang sengaja membuat lirik yang cukup menghujam siapapun yang mendengarkannya.

"Seperti yang sudah-sudah, bahwa dalam pembuatan lagu termasuk liriknya, saya mengalir aja. Dan kalau untuk 'Tetap Cinta' ini, saya terbawa kepada situasi bahwa segala keadaan, kondisi, masalah yang terjadi. Ini bukan semata hanya cinta dari seseorang untuk kekasih hatinya," ungkap Ria yang sudah menghasilkan 61 judul lagu, dengan 45 judul di antaranya khusus diciptakan sendiri.

BERITA TERKAIT

Ria menambahkan "Untuk penggarapan aransemen musik, saya percayakan pada Gihon Lohanda. Ia sudah bekerja sama dan membantu saya sejak 10 tahun silam,” ungkap Ria.

Begitulah, Ria yang mengenal musik secara otodidak, merasa beruntung di awal karirnya, terbuka kesempatan bekerja sama dengan banyak musisi yang cukup berpengaruh kala itu, di antaranya almarhum Dodo Zakaria, Aminoto Kosin, Indro Hardjodikoro, ataupun Widya Kristianti.

Sementara karya-karyanya dilantunkan oleh sejumlah nama yang cukup ternama seperti Euis Darliah, Vina Panduwinata, Ruth Sahanaya dan banyak nama lainnya hingga saat ini.

Ria mengakui bahwa kariernya di musik banyak di support oleh Dodo Zakaria. "Dodo bukan hanya sahabat, tapi sekaligus guru. Dodo pula yang membujuk saya untuk terjun serius di musik. Karenanya saya berhasil menulis lagu pertama berjudul 'Kawan' dan masuk dalam album "Cinta" milik Vina Panduwinata," ungkap Ria.

Ria mengakui, almarhum Dodo lah yang terus menyemangat untuk tetap berkarya di dunia musik.

“Namun setelah Dodo wafat pada tahun 2007, saya malah berhenti menulis lagu. Saya sempat melewati fase despresi, duduk berjam jam di depan piano, tanpa bisa ngapa-ngapain!’ kata Ria mengurai cerita.

Padahal, menurut Ria, sebelum wafat, Dodo berpesan untuk jangan berhenti berkarya. “Tetapi justru ketika ia wafat, saya malah ngak bisa berkarya sama sekali,” Ria mengenang.

Dan perubahan terjadi di awal tahun 2021. Ria mengaku seperti mendapat semangat baru. “Nggak tahu karena alasan apa, saya nggak ngerti. Mendadak, saya bisa berubah. Saya mau main piano, dan bisa menulis lagu. Mungkin ini sebagai isyarat agar saya tetap cinta pada musik!’ ungkap Ria.

Ya, di tahun 2021 ini menjadi tahun yang sangat kreatif bagi Ria. Ia merilis beberapa single rohani, dan berkolaborasi dengan beberapa temannya antaranya berjudul 'Janjinya' yang liriknya ditulis oleh Joas Adiprasetya, lalu ada 'Bersamamu liriknya di tulis Woro Tobing.

Selepas itu ada single 'Rapuh' yang melibatkan Joas Adiprasetya sebagai penulis lirik dan 'Saatku Belum Tiba' yang liriknya dikerjakan oleh Ronald Pekuwali. Sementara yang paling baru adalah single 'Tetap Cinta' yang dibawakan oleh Mark Pattie.

Lagu 'Tetap Cinta' ini hadir di bawah bendera Kariza Productions milik Ria, dan sudah bisa didengar di semua digital platform tanah air. Untuk yang ingin melihat video musiknya dapat langsung berkunjung ke YouTube https://youtu.be/cEu75_uYukY

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas