Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Pitchplay Optimalkan Dukungan untuk Musisi di Indonesia Lewat Fitur Barunya

Pitchplay menjalani debut di Oktober 2021 sebagai fan-engagement platform. Platform ini memudahkan fans untuk mendukung musisi dan kreator lainnya.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Pitchplay Optimalkan Dukungan untuk Musisi di Indonesia Lewat Fitur Barunya
Pitchplay
Pitchplay, sebuah fan-engagement platform. 

TRIBUNNEWS.COM - Pitchplay menjalani debut di Oktober 2021 sebagai fan-engagement platform.

Platform tersebut memudahkan penggemar serta penikmat musik untuk mendukung musisi dan para kreator lainnya.

Setahun berkiprah, diketahui Pitchplay mengalami perkembangan dari fitur distribusi konten video berbayar ditambah beberapa fitur baru yang dirilis, di antaranya Membership dan Bundle.




Kehadiran fitur baru ini resmi muncul pada 12 Oktober 2021.

Pitchplay sengaja memilih musik sebagai segmen utama pada awal kemunculannya karena disrupsi teknologi di bidang musik masih minim dibanding segmen lainnya.

Sedangkan di sisi lain, segmen musik memiliki potensi yang sangat besar dan selama ini belum dapat dipecahkan secara optimal dari sisi digital.

Fauzan Rezda selaku Co-Founder dan CEO mengatakan kemunculan Pitchplay diawali dari keresahan terhadap industri musik yang memiliki ketergantungan terhadap live performance.

BERITA TERKAIT

“Kami merasa, belum ada solusi alternatif bagi industri musik di masa pandemi ini. Keuntungan yang didapat dari layanan streaming lagu umum hanya menguntungkan bagi musisi berskala besar, tidak bagi musisi berskala menengah atau kecil. Menilik dari hal ini, Pitchplay dibentuk lewat sebuah model bisnis baru sebagai enabler aspek komersial langsung dari musisi terhadap fansnya, atau lebih dikenal dengan istilah Direct-to-consumer dalam industri retail,"ungkapnya.

Baca juga: 7 Aplikasi Download Lagu Terbaik Gratis dan Legal, Youtube Music hingga Spotify

Baca juga: ASIRI Apresiasi JOOX Indonesia Music Awards 2021

Fauzan mengatakan Pitchplay merupakan solusi 360 bagi musisi.

”Kami memiliki perbedaan dengan platform lain, kehadiran kami memberikan keuntungan bagi musisi semua musisi dari berbagai kalangan dan penggemar,” tegasnya.

Pitchplay merupakan model bisnis sustainable bagi musisi yang mengoptimalkan kualitas fans dibanding kuantitas. Fauzan mengatakan Pitchplay tidak hanya akan menghadirkan satu atau dua layanan.

“Ke depannya kami membangun sebuah ekosistem lengkap dan saling menguntungkan antara musisi dan penggemarnya,” tukasnya.

Baca juga: Dikemas dalam Bentuk Podcast di Spotify, Ini Rekomendasi Cerita Dongeng Anak sebelum Tidur

Seperti yang kita ketahui masyarakat Indonesia terbiasa dengan sistem langganan gratis, Pitchplay hadir dengan model bisnis berbayar dengan optimisme besar.

“Kami rasa tidak akan menjadi persoalan besar, ini hanya persoalan bagaimana melakukan langkah penetrasi yang tepat dan memberikan keuntungan yang diharapkan oleh pengguna, dalam hal ini adalah fans. Ditambah, dengan infrastruktur penunjang yang saat ini sudah lengkap.” Tutur Fauzan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas