Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Update Kasus Olivia Nathania, Berkas Perkara CPNS Fiktif P-21, Anak Nia Daniaty Segera Sidang

Ada kabar terbaru dari kasus Olivia Nathania, anak Nia Daniaty, Berkas perkara kasus dugaan penipuan CPNS dinyatakan sudah lengkap.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Update Kasus Olivia Nathania, Berkas Perkara CPNS Fiktif P-21, Anak Nia Daniaty Segera Sidang
Instagram @niadaniatynew
Update Kasus Olivia Nathania, Berkas Perkara CPNS Fiktif P-21, Anak Nia Daniaty Segera Sidang 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada kabar terbaru dari kasus Olivia Nathania, anak Nia Daniaty, Berkas perkara kasus dugaan penipuan CPNS dinyatakan sudah lengkap.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta Jakarta Ashari Syam, mengonfirmasi perkembangan kasus Olivia Nathania ini.

"Perkara tindak pidana umum atas nama tersangka Olivia Nathania dinyatakan lengkap atau P-21," kata Ashari Syam dalam sebuah keterangan, Kamis (6/1/2021).

Baca juga: Olivia Nathania Tawarkan Investasi Bodong, Anak Nia Daniaty Rayu Korban Bagi Hasil Setiap Hari

Baca juga: Olivia Nathania Belum Usai Hadapi Kasus CPNS Fiktif, Anak Nia Daniaty Akan Dilaporkan Lagi, Ada Apa?

Secara umum, bisa dipahami bahwa kasus ini sudah naik ke tahap dua, yakni penyerahan barang bukti dan tersangka dari kepolisian ke kejaksaan.

"Setelah itu, direncanakan pada hari ini, Kamis, 6 Januari 2022, penyidik Polda Metro jaya akan menyerahkan tanggung jawab tersangka dan Barang Bukti kepada Jaksa Penuntut Umum," ujar Ashari.

Olivia Nathania didampingi kuasa hukumnya saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (18/10/2021).
Olivia Nathania didampingi kuasa hukumnya saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (18/10/2021). (Tribunnews.com/ Alivio)

Anak Nia Daniaty, Oliva Nathania, kini sudah ditahan di rutan Polda Metro Jaya, usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan rekrutmen CPNS, Kamis (11/11/2021).

Jika sesuai dengan prosedur hukum, anak Nia Daniaty Olivia Nathania bakal ditahan di Rutan Polda Metro Jaya selama 20 hari.

BERITA TERKAIT

Sementara penyidik menyiapkan berkas, sebelum dilimpahkan kejaksaan, masa penahanan Anak Nia Daniaty di Rutan Polda Metro Jaya bakal diperpanjang.

Anak Nia Daniaty, Olivia Nathania, resmi di tahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya setelah menjalani pemeriksaaan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan rekrutmen CPNS.
Anak Nia Daniaty, Olivia Nathania, resmi di tahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya setelah menjalani pemeriksaaan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan rekrutmen CPNS. (Grid.ID/Daniel Ahmad)

Jika melihat laporan yang teregister dengan nomor LP/B/4728/IX/SPKT/Polda Metro Jaya, sebenarnya Olivia diperdugakan melanggar Pasal 378 dan atau Pasal 372 dan atau Pasal 263 KUHP tentang Penggelapan, Penipuan, serta Pemalsuan Surat.

Walau begitu, sementara untuk saat itu bukti yang bisa memenuhi unsur hanya pasal 378 KUHP tentang penipuan.

Sebagai tersangka kasus penipuan, 4 tahun ancaman penjara kini tengah menanti Olivia Nathania.

Diberitakan sebelumnya, satu orang yang mengaku korban, Karnu, melaporkan Olivia Nathania dan Rafly Noviyanto Tilaar ke Polda Metro Jaya pada 23 September 2021.

Sementara korban dari kasus tersebut disebut berjumlah 225 orang, kerugiannya ditaksir mencapai Rp 9,7 miliar.

Respon Kuasa Hukum Anak Nia Daniaty
Mengenai ini, kuasa hukum Olivia Nathania, Susanti Agustina berpendapat bahwa perkara yang menyeret anak artis Nia Daniaty dilimpahkan dari kepolisian ke kejaksaan sudah tepat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas