Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Academy Mulai Proses Disipliner terhadap Will Smith, Buntut Insiden Oscar

Academy of Motion Pictures Arts and Sciences telah "memulai proses disipliner" terhadap aktor Will Smith, Rabu (30/3/2022).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: bunga pradipta p
zoom-in Academy Mulai Proses Disipliner terhadap Will Smith, Buntut Insiden Oscar
AFP/VALERIE MACON
Aktor AS Will Smith dan aktris AS Jada Pinkett Smith menghadiri Oscar ke-94 di Dolby Theatre di Hollywood, California pada 27 Maret 2022. (Photo by VALERIE MACON / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Academy of Motion Pictures Arts and Sciences telah memulai proses disipliner terhadap aktor Will Smith, Rabu (30/3/2022).

Tindakan ini merupakan buntut dari insiden Oscar, Minggu (27/3/2022).

"Dewan Gubernur hari ini memulai proses disipliner terhadap Will Smith atas pelanggaran Standar Perilaku Akademi."

"Termasuk kontak fisik yang tidak pantas, perilaku kasar atau mengancam, dan kompromi integritas Academy," jelas Academy dalam sebuah pernyataan.

Dikutip CNN, pernyataan itu juga mengklaim bahwa Smith diminta untuk meninggalkan ajang penghargaan setelah insiden itu dan menolak.

Baca juga: Drive My Car, Film Jepang Peraih Oscar 2022 Tayang Streaming di Indonesia

Baca juga: Sandiaga Uno Berharap Film Indonesia Raih Oscar, Sempet Singgung soal Insiden Will Smith

Aktor AS Will Smith (kanan) menampar aktor AS Chris Rock di atas panggung selama Oscar ke-94 di Dolby Theatre di Hollywood, California pada 27 Maret 2022. (Photo by Robyn Beck / AFP)
Aktor AS Will Smith (kanan) menampar aktor AS Chris Rock di atas panggung selama Oscar ke-94 di Dolby Theatre di Hollywood, California pada 27 Maret 2022. (Photo by Robyn Beck / AFP) (AFP/ROBYN BECK)

Academy mengakui pihaknya bisa menangani situasi secara berbeda.

Smith mendapat kecaman dalam beberapa hari terakhir setelah dia naik ke panggung dan menampar presenter Chris Rock.

BERITA TERKAIT

Diketahui, Rock membuat lelucon tentang istri Smith, aktris Jada Pinkett Smith.

"Tindakan Tuan Smith di Oscar ke-94 adalah peristiwa yang sangat mengejutkan dan traumatis untuk disaksikan secara langsung dan di televisi."

"Tuan Rock, kami meminta maaf kepada Anda atas apa yang Anda alami di panggung kami dan terima kasih atas ketahanan Anda pada saat itu," tambah pernyataan itu.

"Kami juga meminta maaf kepada nominasi, tamu, dan pemirsa kami atas apa yang terjadi selama acara yang seharusnya menjadi perayaan."

Baca juga: Reaksi Viral Nicole Kidman di Piala Oscar Bukan karena Lihat Will Smith Tampar Chris Rock

Aktor AS Will Smith dan aktris AS Jada Pinkett Smith menghadiri Oscar ke-94 di Dolby Theatre di Hollywood, California pada 27 Maret 2022. (Photo by VALERIE MACON / AFP)
Aktor AS Will Smith dan aktris AS Jada Pinkett Smith menghadiri Oscar ke-94 di Dolby Theatre di Hollywood, California pada 27 Maret 2022. (Photo by VALERIE MACON / AFP) (AFP/VALERIE MACON)

Rapat dewan lainnya akan diadakan pada 18 April mendatang.

"Akademi dapat mengambil tindakan disipliner, yang mungkin termasuk penangguhan, pengusiran, atau sanksi lain yang diizinkan oleh Anggaran Rumah Tangga dan Standar Perilaku," kata pernyataan itu.

"Sesuai dengan Standar Perilaku Akademi, serta hukum California, Tuan Smith diberikan pemberitahuan pemungutan suara setidaknya 15 hari sebelumnya mengenai pelanggaran dan sanksinya, dan kesempatan untuk didengar sebelumnya melalui tanggapan tertulis," kata pernyataan itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas