Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Will Smith Mundur dari The Academy Usai Tampar Chris Rock di Panggung Oscar 2022

Setelah menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022, Will Smith mengundurkan diri dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences Hollywood.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Salma Fenty
zoom-in Will Smith Mundur dari The Academy Usai Tampar Chris Rock di Panggung Oscar 2022
AFP/ROBYN BECK
Aktor AS Will Smith menerima penghargaan untuk Aktor Terbaik dalam Peran Utama untuk "King Richard" di atas panggung selama Oscar ke-94 di Dolby Theatre di Hollywood, California pada 27 Maret 2022. (Photo by Robyn Beck / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Aktor Will Smith telah mengundurkan diri dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences Hollywood, beberapa hari setelah menampar Chris Rock pada Oscar 2022.

Pada Jumat (1/4/2022), Smith mengatkan bahwa menampar presenter Chris Rock di atas panggung pada perhelatan Oscar tahun ini "mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan".

"Saya mengkhianati kepercayaan Academy. Saya menghilangkan nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan untuk pekerjaan luar biasa mereka. Saya patah hati," kata Smith, seperti dikutip dari CNA.

"Jadi, saya mengundurkan diri dari keanggotaan di Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan," katanya.

Pada perhelatan Oscar hari Minggu lalu, Smith naik ke panggung setelah Rock membuat lelucon tentang penampilan istri Smith, lalu menampar wajah Rock.

Baca juga: Will Smith Nyaris Ditangkap Polisi Setelah Menampar, Namun Chris Rock Tak Mau Menuntut

Baca juga: Academy Mulai Proses Disipliner terhadap Will Smith, Buntut Insiden Oscar

Kurang dari satu jam kemudian, Smith memberikan pidato sambil menangis di atas panggung saat ia menerima penghargaan aktor terbaik untuk perannya dalam King Richard.

Lelucon Rock tentang istri Smith, Jada Pinkett Smith, mengacu pada film GI Jane tahun 1997 di mana aktris Demi Moore mencukur rambutnya.

BERITA TERKAIT

Tidak jelas apakah Rock sadar bahwa Jada Pinkett Smith memiliki kondisi yang menyebabkan kerontokan rambut.

Aktor AS Will Smith dan istrinya aktris Jada Pinkett Smith menghadiri Oscar ke-94 di Dolby Theatre di Hollywood, California pada 27 Maret 2022. (Photo by ANGELA  WEISS / AFP)
Aktor AS Will Smith dan istrinya aktris Jada Pinkett Smith menghadiri Oscar ke-94 di Dolby Theatre di Hollywood, California pada 27 Maret 2022. (Photo by ANGELA WEISS / AFP) (AFP/ANGELA WEISS)

David Rubin, presiden akademi film, mengatakan pada hari Jumat bahwa The Academy menerima pengunduran diri Smith tetapi akan melanjutkan proses disipliner yang dapat menyebabkan sanksi tambahan.

Masalah ini akan dibahas pada pertemuan dewan kelompok berikutnya pada 18 April.

Dalam pernyataannya, Smith menambahkan: "Perubahan membutuhkan waktu dan saya berkomitmen untuk melakukan pekerjaan untuk memastikan bahwa saya tidak akan pernah lagi membiarkan kekerasan mengambil alih alasan."

Academy Mulai Proses Disipliner terhadap Will Smith

Academy of Motion Pictures Arts and Sciences telah memulai proses disipliner terhadap aktor Will Smith, Rabu (30/3/2022).

Tindakan ini merupakan buntut dari insiden Oscar, Minggu (27/3/2022).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas