Tribun Seleb

Dewa 19 Karaoke, Terobosan Ahmad Dhani di Industri Musik

Musisi Ahmad Dhani mengumumkan terobosan barunya di Industri musik berupa aplikasi karaoke bernama Dewa 19 Karaoke.

Penulis: Willem Jonata
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Dewa 19 Karaoke, Terobosan Ahmad Dhani di Industri Musik
Tangkap layar youtube Video Legend
Musisi Ahmad Dhani. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willem Jonata

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Musisi Ahmad Dhani mengumumkan terobosan barunya di Industri musik berupa aplikasi karaoke bernama Dewa 19 Karaoke.

Melalui aplikasi tersebut, menurut dia, Bala Dewa--sebutan penggemar grup band Dewa 19--dapat berkaraoke menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 dan penyanyi di Republik Cinta Management (RCM) dengan kualitas audio sangat baik.

"Hari ini kita akan memperkenalkan aplikasi Dewa 19 karaoke, alhamdulillah Dewa 19 berhasil mengeluarkan aplikasi karaoke yang dibuat, didirikan, dibangun oleh saya dan teman saya Indra Putra," ucapnya seperti dikutip dari Youtube The Legend, Jumat (24/6/2022).

Aplikasi tersebut sebetulnya sudah diluncurkan pada Maret 2022. Namun, saat itu Dewa 19 Karaoke hanya untuk android.

"Yang kita launching waktu itu Android. IOS-nya belum keluar. Berita baiknya sekarang kita sudah meluncurkan aplikasi Dewa 19 Karaoke dalam IOS sehingga bisa di-download di iPhone," lanjut Dhani.

Indra Putra, kolega Ahmad Dhani, menjelaskan bahwa mulanya aplikasi Dewa 19 karaoke dihadirkan dalam rangka dirgahayu 30 tahun Dewa 19 berkarya di industri musik Indonesia.

"Aplikasi ini bisa untuk Bala Dewa, penggemar musik Ahmad Dhani bisa menikmati berkaraoke lagu-lagu awal Dewa 19 sampai yang terakhir secara eksklusif," kata Indra.

Dikatakan eksklusif, karena aplikasi ini menyediakan lagu Dewa 19 dan penyanyi dalam naungan RCM dengan kualitas audio sangat baik karena berupa mixing dan mastering asli.

Baca juga: Ahmad Dhani Idolakan Band Queen Sejak Kecil, Bohemian Rhapsody Menjadi Lagu Favoritnya

Apa bedanya dengan di Youtube?

"Di Youtube tidak bisa dinyanyikan, tidak bisa karaoke. Tapi di aplikasi ini kita bisa karaoke, di sini minus one, mixing dan mastering asli Dewa 19," kata Indra.

Dan yang menjadi kelebihan lainnya, aplikasi ini bisa dikoneksikan ke big screen dan sound system yang mumpuni sehingga mendapatkan pengalaman berkaraoke yang memuaskan. 

Tak hanya lagu-lagu Dewa 19 dan penyanyi dalam naungan RCM, aplikasi tersebut juga menyediakan lagu-lagu lainnya yang tercatat di Sentra Lisensi Musik Indonesia (Selmi) dan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (Asiri).

"Lagu-lagu yang dikerjasamakan dari pihak ketiga jumlahnya kurang lebih 140 ribu lagu," terang Indra.

Aplikasi tersebut bisa didownload secara gratis. Namun, untuk berkaraoke dikenakan biaya Rp 5 ribu per jam.

Baca juga: Ahmad Dhani Bangga El Rumi Menang dari Winson, Andre Taulany Ucapkan Ini

"Nanti kita berikan bonus satu jam lagi atau akan ada poin-poin yang bisa kita berikan dan segala macam. Misal user nyanyikan lagu, akan mendapatkan poin. Poin ini bisa ditukar, satu lagu satu poin. Ketika poin ditukarkan bisa mendapat voucher belanja di beberapa merchant yang bekerjasama dengan Dewa 19 Karaoke. Bisa untuk bayar listrik, pulsa telepon," terang Indra.

Ahmad Dhani menambahkan bahwa Dewa 19 Karaoke juga diperuntukkan bagi bussinesman yang mau bikin rumah karaoke.

"Kalau dulu, pengusaha karaoke, kalau mau bikin harus pakai komputer jadi server lagunya kan, cari data-data lagunya. Sekarang (melalui Dewa 19 Karaoke) bahan materinya sudah enggak perlu pakai komputer lagi, sudah tinggal siapin tv dan sound system. Kalau teman-teman di kota-kota yang ingin jadi pengusaha karaoke, itu bisa siapkan saja tempatnya. Tinggal hubungi kami, kalau enggak bisa kita bisa buatkan juga," kata Ahmad Dhani.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas