Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Baim Wong Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week, Ridwan Kamil: Tak Semua Urusan Dunia Dilihat Komersil

Ridwan Kamil mengkritik pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week oleh Baim Wong. Menurutnya, tidak semua hal bisa dilihat sebagai hal komersil.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Baim Wong Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week, Ridwan Kamil: Tak Semua Urusan Dunia Dilihat Komersil
Kolase Tribunnews/Wartakota/Humas Pemprov Jabar
Baim Wong dan Ridwan Kamil. Ridwan Kamil mengkritik pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week oleh Baim Wong. Menurutnya, tidak semua hal bisa dilihat sebagai hal komersil. 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengomentari pendaftaran hak kekayaan intelektual (HAKI) merek Citayam Fashion Week oleh artis Baim Wong.

Dirinya mengungkapkan, tren seperti Citayam Fashion Week tidak melulu harus diliat dari segi komersial.

Ridwan Kamil menilai hal tersebut lantaran terciptanya tren Citayam Fashion Week lahir secara organik dan berasal dari akar rumput.

Sehingga menurutnya, perkembangan tren ini hingga berujung viral di masyarakat juga terjadi secara alami.

Hal ini diungkapkan oleh Ridwan Kamil melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @ridwankamil pada Senin (25/7/2022).

"Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena Citayam Fashion Week itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangya harus natural dan organik pula," tulisnya.

Ridwan Kamil juga menganggap ketika fenomena Citayam Fashion Week dijadikan sesuatu yang bersifat formal dan mewah maka akan berumur pendek.

Baca juga: Daftarkan Citayam Fashion Week ke PDKI, Baim Wong: Bonge dan Jeje Ada di Dalamnya

BERITA TERKAIT

Selain itu, katanya, pendaftaran Citayam Fashion Week seperti yang dilakukan Baim Wong tersebut akan menghilangkan tujuan dan maksud dari munculnya tren itu.

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan, Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional," ujarnya.

Ridwan Kamil mengkritik pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week oleh Baim Wong melalui unggahan di akun Instagramnya pada Senin (25/7/2022). Menurutnya tidak segala apa yang ada di dunia ini bisa dilihat dari sisi komersil.
Ridwan Kamil mengkritik pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week oleh Baim Wong melalui unggahan di akun Instagramnya pada Senin (25/7/2022). Menurutnya tidak segala apa yang ada di dunia ini bisa dilihat dari sisi komersil. (Instagram @ridwankamil)

Mantan Walikota Bandung itu juga melihat munculnya fenomena Citayam Fashion Week adalah bentuk kebebasan berekspresi yang dilakukan pemuda-pemuda asal Citayam itu.

Sehingga, orang-orang yang berada di luar komunitas itu tidak perlu untuk turut mengatur arah dari fenomena yang juga mulai bermunculan di kota-kota lain tersebut.

Namun, ujar Ridwan Kamil, jika memang ada keinginan untuk Citayam Fashion Week dikelola dengan baik maka pengorganisasian dilakukan oleh orang yang terlibat di dalamnya.

"Jikapun ingin diorganisasikan dengan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda," jelas suami dari Atalia Praratya itu.

Baca juga: Berebut Merek Citayam Fashion Week, Baim Wong Daftarkan Podcast, Indigo Aditya Nugroho Bahas Konser

Di akhir captionnya, Ridwan Kamil pun meminta agar pendaftaran HAKI merek Citayam Fashion Week oleh Baim Wong ini untuk dicabut saja.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas