Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

26 WNA dari 15 Negara Ikut Tewas dalam Tragedi Pesta Halloween Itaweon

Para pemimpin asing menyatakan belasungkawa atas tragedi pesta Halloween Itaewon, Seoul, Korea Selatan.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in 26 WNA dari 15 Negara Ikut Tewas dalam Tragedi Pesta Halloween Itaweon
AFP/ANTHONY WALLACE
Orang-orang berbaring di tandu untuk menerima perawatan medis di distrik kehidupan malam populer Itaewon di Seoul pada 30 Oktober 2022. - Puluhan orang menderita serangan jantung di ibukota Korea Selatan Seoul, setelah ribuan orang memadati jalan-jalan sempit di kota Itaewon lingkungan untuk merayakan Halloween, kata pejabat setempat. (Photo by Anthony WALLACE / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL -- Para pemimpin asing menyatakan belasungkawa atas tragedi pesta Halloween Itaewon, Seoul, Korea Selatan.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional pada hari Minggu setelah pesta Halloween Itaewon pada Sabtu malam menewaskan sekitar 153 orang itu.

Baca juga: Tangisan Keluarga Sempat Tak Percaya Lee Ji Han Meninggal Dunia dalam Tragedi Halloween Itaewon

Dilansir dari Reuters, Senin (31/10/2022), Kementerian luar negeri Korea Selatan menyebutkan total ada sekitar 26 warga negara asing yang tewas dari 15 negara di tragedi Halloween Itaewon.

Seorang pejabat kementerian mengatakan kepada Reuters korban tewas termasuk WNA dari China, Iran dan Rusia.

Dua warga negara Jepang, seorang wanita berusia dua puluhan dan seorang wanita lain berusia antara 10 dan 19 tahun, juga dipastikan tewas dalam kecelakaan tersebut, kata seorang pejabat di kementerian luar negeri Jepang.

"Saya sangat terkejut dan sangat sedih dengan hilangnya banyak nyawa yang berharga, termasuk orang-orang muda dengan masa depan yang cerah, sebagai akibat dari kecelakaan yang sangat tragis itu," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam sebuah pernyataan.

BERITA REKOMENDASI

Setidaknya empat warga negara China termasuk di antara mereka yang tewas, kantor berita Xinhua melaporkan, mengutip kedutaan besar China di Seoul.

Baca juga: Jang Hansol Tanggapi soal Kabar Permen Beracun dalam Tragedi Pesta Halloween Itaewon

Atas nama pemerintah dan rakyat China, Presiden Xi Jinping ingin menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada para korban dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga mereka dan yang terluka.

Xi mengatakan beberapa warga China juga terluka, dan berharap Korea Selatan akan melakukan segala upaya untuk menyembuhkan dan menangani akibatnya.

Gambar yang diambil pada 29 Oktober 2022 ini menunjukkan reaksi seorang wanita setelah peristiwa Halloween di distrik Itaewon di Seoul. - Lebih dari 150 orang tewas terinjak-injak pada acara Halloween di Seoul, kata para pejabat pada 30 Oktober, dengan presiden Korea Selatan berjanji akan melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap salah satu bencana terburuk yang pernah terjadi di negara itu. (Photo by Albert RETIEF / AFP)
Gambar yang diambil pada 29 Oktober 2022 ini menunjukkan reaksi seorang wanita setelah peristiwa Halloween di distrik Itaewon di Seoul. - Lebih dari 150 orang tewas terinjak-injak pada acara Halloween di Seoul, kata para pejabat pada 30 Oktober, dengan presiden Korea Selatan berjanji akan melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap salah satu bencana terburuk yang pernah terjadi di negara itu. (Photo by Albert RETIEF / AFP) (AFP/ALBERT RETIEF)

Empat warga Rusia tewas mengutip kedutaan Rusia di Korea Selatan.

Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden mengirimkan belasungkawa mereka dengan menulis: "Kami berduka dengan rakyat Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik kami untuk pemulihan yang cepat bagi semua orang yang terluka.".

Juga Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengunggah "Semua pikiran kami dengan mereka yang saat ini menanggapi dan semua warga Korea Selatan pada saat yang sangat menyedihkan ini,".

Baca juga: Saat Tragedi Halloween Itaewon Nyaris Tak Ada Petugas Penyelamat? Ini Jawaban Pejabat Korsel

Seorang warga Norwegia juga dipastikan tewas dalam kecelakaan itu, kata juru bicara kementerian luar negeri Norwegia.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas