Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Pencipta Lagu Cinderella Somasi Ian Kasela Rp 20 Miliar karena Ingin Lindungi Karyanya

Kesuksesan lagu Cinderella selama puluhan tahun yang dipopulerkan oleh band Radja, rupanya tak seindah realita yang didapatkan oleh penciptanya.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Pencipta Lagu Cinderella Somasi Ian Kasela Rp 20 Miliar karena Ingin Lindungi Karyanya
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Minola Sebayang, kuasa hukum Ipay seorang pencipta lagu Cinderella yang melayangkan somasi Rp 20 Miliar, ke Ian Kasela saat ditemui kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2023). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Arie Puji Waluyo

TRIBUNNEWS.COM,  JAKARTA - Kesuksesan lagu Cinderella selama puluhan tahun yang dipopulerkan oleh band Radja, rupanya tak seindah realita yang didapatkan oleh penciptanya.

Pencipta lagu Cinderella yang dipopulerkan band Radja, yakni Rival Achmad Labbaika alias Ipay merasa tak mendapatkan apa-apa, setelah karyanya hits di industri musik Indonesia.

Baca juga: Pelaku Pengancaman Personel Radja Disidang, Ian Kasela Dkk Jawab Kemungkinan Jadi Saksi




Kuasa hukum Ipay, Minola Sebayang mengatakan, semenjak lagu Cinderella diciptakan tahun 1996, Ipay tidak mendapatkan hak ekonomi dari karyanya.

"Dalam penampilan di televisi, tertulis nama pencipta Ian Kasela dan Ipay. Padahal karya itu murni ciptaan Ipay sendiri," kata Minola Sebayang ditemui di kantornya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2023).

"Lalu sejak 1996 pun Ipay tidak mendapatkan hak ekonomi dari lagu itu," sambungnya.

Minola menyebut, selama ini, Ipay tidak mendapatkan kontrak soal royalti dari Ian Kasela maupun band Radja atau labelnya, untuk lagu Cinderella.

Baca juga: Ian Kasela Kapok Gagal Terpilih Tahun 2019, Belum Berencana Maju Jadi Caleg Lagi

BERITA TERKAIT

"Jadi memang selama ini Ipay menunggu itikad baik dari Ian Kasela. Cuma engga ada," ucapnya.

"Yang kagetnya lagi, pas dicek ke LMKN tahun 2002, lagu Cinderella tertulis penciptanya Ian Kasela, bukan Ipay," sambungnya.

Setelah puluhan tahun, Ipay baru melakukan somasi guna meminta hak ekonomi dan moral atas lagu Cinderella, yang dipopulerkan Ian Kasela bersama band Radja.

Ian Kasela - Tak aman setelah mendapatkan ancaman di Malaysia, band Radja meminta perlindungan ke LPSK.
Ian Kasela - Tak aman setelah mendapatkan ancaman di Malaysia, band Radja meminta perlindungan ke LPSK. (Tangkapan layar YouTube Intens Investigasi)

"Ini bukan hanya soal tuntutan hak ekonomi saja, tapi hak moral. Ipay mau melindungi karyanya saja dalam melakukan somasi ini, tidak lebih. Tapi karena tak ada itikad baik, tentu saja Ipay gerah," jelasnya.

Menurut Minola, harusnya Ipay mendapatkan sekian persen royalti dari lagu Cinderella yang dinyanyikan Ian Kasela bersama Radja.

"Maka dari itu Ipay melayangkan somasi. Dalam somasi ada tuntutan ekonomi disini, karena karya memiliki hak ekonomi dan moral. Tertulis disini, Ipay meminta ganti rugi pemasukan sebesar Rp 20 Miliar," ujar Minola Sebayang.

"Saya tidak tahu rinciannya, silahkan tanyakan ke Ipay," sambungnya. (ARI).

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas