Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Lomba Cipta Lagu Nusantara Kodam Jaya: Semangat Kemerdekaan dan Kebangsaan di Bulan Agustus

Babak akhir dari Lomba Cipta Lagu Nusantara Kodam Jaya telah tuntas dengan terpilihnya 10 finalis yang meraih penghargaan prestisius.

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Lomba Cipta Lagu Nusantara Kodam Jaya: Semangat Kemerdekaan dan Kebangsaan di Bulan Agustus
Dok. Pendam Jaya
Acara penutupan Lomba Cipta Lagu Nusantara Kodam Jaya dihiasi dengan pemberian hadiah dari Pangdam Jaya kepada para pemenang, diikuti oleh sesi foto bersama antara para juri, finalis, juara, dan panitia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Babak akhir dari Lomba Cipta Lagu Nusantara Kodam Jaya telah tuntas dengan terpilihnya 10 finalis yang meraih penghargaan prestisius.

Acara penjurian ini diadakan di Aula Soedirman Makodam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan Jakarta Timur pada Selasa (15/8/2023).

Lomba Cipta Lagu Nusantara Kodam Jaya merupakan sebuah inisiatif yang dipelopori oleh Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Mohamad Hasan.




Dalam pidatonya, Mayjen TNI Mohamad Hasan menyampaikan bahwa lomba cipta lagu Nusantara ini diadakan sebagai upaya untuk mengatasi dampak negatif yang sedang dialami oleh banyak generasi muda, yang dapat merusak nilai-nilai kebangsaan.

Kodam Jaya, sebagai lembaga pembina teritorial wilayah DKI Jakarta, berkomitmen untuk membangun wilayah menjadi kekuatan negara.

"Inisiatif ini bertujuan untuk menginspirasi generasi muda bangsa kita, serta mengingatkan mereka akan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Di bulan Agustus, bulan kemerdekaan kita, kita merayakan semangat kemerdekaan dan cinta akan tanah air melalui keindahan lagu-lagu Nusantara," ujar Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Dari awalnya 300 peserta yang mengikuti lomba, akhirnya terpilih 10 finalis yang berhasil menarik perhatian dewan juri. Beberapa judul lagu yang berhasil mencuri perhatian adalah "Pengabdian" karya Alpha Syah, "Damai Indonesiaku" karya Dimas/Abunawas, "Bumi Nusantara" karya Ate Mamat, dan "Indonesia Hebat" karya Atma Mamesah/Dani Mamesah, serta enam karya lainnya yang tak kalah mengesankan.

BERITA TERKAIT

Proses penilaian yang panjang akhirnya menghasilkan para pemenang yang sangat layak. Juara pertama diraih oleh Alpha Syah dengan lagu berjudul "Pengabdian", juara kedua diberikan kepada Imam Rasyid Ridho dengan lagu "Indonesia Hebat", dan juara ketiga diraih oleh Toto Anggit dengan lagu "Sang Garuda".

Ada juga penghargaan juara harapan pertama untuk lagu "Gemah Ripah Loh Jinawi" karya Meidi Mulya, dan juara harapan kedua untuk lagu "Bumi Nusantara" karya Ate Mamat.

PEMBERIAN HADIAH

Acara penutupan Lomba Cipta Lagu Nusantara Kodam Jaya dihiasi dengan pemberian hadiah dari Pangdam Jaya kepada para pemenang, diikuti oleh sesi foto bersama antara para juri, finalis, juara, dan panitia.

Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Kasdam Jaya, Irdam Jaya, Kapoksahli Pangdam Jaya, Para Paahli Pangdam Jaya, serta perwakilan dari PA LO AU dan PA LO AL, Para Asisten, Para Kabalak, dan Komandan Satuan Jajaran Kodam Jaya.

Lomba Cipta Lagu Nusantara Kodam Jaya telah sukses menyemarakkan semangat kemerdekaan dan kebangsaan Indonesia melalui karya-karya indah yang dihasilkan oleh para finalis.

Semoga upaya ini terus menginspirasi generasi muda untuk mencintai tanah air dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas