Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Terseok Dihajar Keadaan, Charles Stevent Kini Sukses Jadi Konten Kreator

Hal inilah yang dialami Charles Stevent Salim yang kini sukses membangun karier sebagai konten kreator gaming di YouTube.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Terseok Dihajar Keadaan, Charles Stevent Kini Sukses Jadi Konten Kreator
Dokumentasi
Konten Kreator Gaming YouTube Charles Stevent Salim. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat kondisi perekonomian banyak orang terseok dan nyaris bangkrut.

Banyak pebisnis yang nyaris gulung tikar karena dampak pandemi yang menampar berbagai sektor penopang perekonomian.

Di antara mereka, ada yang berhasil survive pada bidang yang sama, namun ada pula yang akhirnya bantir stir mencoba peruntungan di bidang lainnya.




Hal inilah yang dialami Charles Stevent Salim yang kini sukses membangun karier sebagai konten kreator gaming di YouTube.

Meski saat ini dikenal luas sebagai Konten Kreator, siapa yang mengira bahwa sebelumnya ia merupakan seorang pebisnis di bidang bazar fashion yang kerap diadakan di mal-mal besar.

Sebelum pandemi melanda, ia memang memiliki bisnis fashion dan pernah bermimpi untuk memiliki butik dan brand sendiri.

Tidak pernah terlintas dalam pikirannya bahwa kini ia justru malah menjadi Konten Kreator.

BERITA TERKAIT

"Sebenernya dulu tuh fokusnya bener-bener ke brand fashion aku, bahkan cita-citaku waktu itu pengen punya butik sendiri buat brand sendiri. Sampai udah dibayangin tokonya seperti apa dan di mana. Pokoknya kayak udah bener-bener jadi impian banget deh. Tapi berhubung masih merintis, jadi otomatis masih jadi angan-angan aja," kata Charles, dalam keterangannya, Selasa (15/8/2023).

Namun kondisi pandemi yang sangat dahsyat menghantam ekonomi, memaksanya untuk menghentikan bisnisnya.

"Ternyata Tuhan kehendaknya beda, tiba-tiba ada pandemi, tiba-tiba banyak orang kehilangan pekerjaan, roda ekonomi berhenti, semua orang fokusnya nyimpan uang buat kebutuhan sehari-hari, nggak beli barang yang memang lagi nggak penting, apalagi barang fashion kan. Karena semua orang nggak tau Covid-19 ini sebenernya apa dan sampai kapan. Semua orang butuh uang dan semua orang tiba-tiba kehilangan pekerjaan, otomatis usaha fashionku benar-benar berhenti," jelas Charles.

Situasi ini membuat kondisi ekonominya sempat terpuruk karena tidak memiliki pemasukan yang biasa ia peroleh dari bisnis bazar fashion.

"(Berjualan) offline nggak mungkin karena mall tutup semua, online pun orang-orang lebih milih buat beli masker sama sanitizer daripada beli baju," papar Charles.

Karena keadaan ekonominya yang melesu dan dirinya tidak memiliki pemasukan sama sekali, Charles pun akhirnya memutar otak dan banting stir menjadi seorang Konten Kreator gaming di YouTube sejak April 2020.

Namun sebenarnya, sang adik, Yanshen Lim lah yang terlebih dahulu menjadi Kreator dan menyarankannya untuk mencoba membuat akun dan konten YouTube.

Channel YouTube miliknya yakni Charles Studios kini telah memperoleh nyaris 400 ribu subscribers dan akun TikTok miliknya @charles_studios kini meraih 130 ribu followers, dengan hanya bermodal peralatan seadanya bahkan bisa dibilang serba terbatas.

"Ada aja ide buat bikin konten, mulai bikin konsep, nulis script, ngedit bermodalkan tablet seadanya, terus uploadnya juga 1 video 10 menit bisa habisin sekitar 1 hingga 2 jam, tergantung gimana sinyalnya karena masih pakai kuota handphone dan nggak punya jaringan wifi. Pokoknya semua serba seadanya dan sebenernya susah deh waktu itu," tutur Charles.

Baca juga: Jadi Konten Kreator, Driver Ojol Dapatkan Hampir 8 Juta Rupiah Sebulan

Charles tergolong beruntung karena saat baru memulai membuat konten, ia langsung mendapatkan feedback bagus dari viewers.

"Puji Tuhan, ternyata feedbacknya bagus, ada aja yang nonton, jadi semangat buat bikin video-video selanjutnya, dan ternyata bisa menghasilkan plus nggak secapek ngurusin bazar dari mall ke mall. Jadi deh sampai sekarang fokus dan konsisten bikin konten aja. Beruntung banget sih bisa ada kesempatan buat banting stir dan ada di titik ini sekarang," pungkas Charles.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas