Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Kolaborasi Antargenerasi Sebuah Sinergi Karya Di Ranah Musik Indonesia

Kolaborasi antargenerasi (Kolagen) dalam musik memang sebuah keniscayaan. Menjadi mahkota  kreatifitas dan pendongkrak popularitas di industri musik

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Kolaborasi Antargenerasi Sebuah Sinergi Karya Di Ranah Musik Indonesia
Dok. pribadi
Kolaborasi Antargenerasi Sebuah Sinergi Karya Di Ranah Musik Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kolaborasi antargenerasi (Kolagen) dalam musik memang sebuah keniscayaan. Menjadi mahkota kreatifitas dan pendongkrak popularitas di industri musik dunia.

Dan kini juga menjadi magma sinergi karya di ranah Musik Indonesia. Album berisi 9 Lagu ini adalah cerminan kolaborasi antara Generasi musisi tersebut.

"Kita bisa mendengar hits karya Fariz RM, Chrisye, Dian Pramana Poetra. Namun juga sekaligus bisa menikmati peranserta pesohor Musisi muda yang menjadi Pelakon masa kini lagu lagu tersebut," tutur Seno M Hardjo, Composer, Executive Producer.

ADA BEBERAPA NAMA KONDANG DI KALANGAN MILLENIALS

Dikatakan Seno M Hardo, ada beberapa nama kondang di kalangan millenials, seperti Payung Teduh, Pusakata, Teza Sumendra, Danilla hingga Barsena Bestandhi dan Rando Sembiring.

Ini adalah kiprah produksi Selatan Musik, sebuah panji record label yang dimiliki Seno M Hardjo. Merilis album lagi nih mas, setelah seperti ‘terdiam’ nyaris sewindu?

“Benar, sudah menjadi tradisi saya untuk berdiam diri dulu. Menyimak, mengamati dan menghayati tren musik apa yang sedang terjadi di Musik Indonesia. Sembari terus menabung beberapa karya dalam bilangan tahun belakangan. Ketika ada kode kuat dari ka Once Mekel untuk merilis album di KFC, saya bergerak lagi,” ungkap Seno M Hardjo yang sudah belasan tahun aktif di AMI AWARDS.

Once Mekel sendiri, kita kenal sebagai salah satu Decision Maker di JMSI – Jagonya Musik & Sport Indonesia. Sebuah tatanan perseroan yang menjembatani rilisan karya musik ke gerai KFC seluruh Indonesia. Lantas genre music album ini?

ARTIVICIAL INTELLIGENCE VIDEO MUSIK

BERITA TERKAIT

“Karena terbiasa kerja one man show, akhirnya saya menyadari, bahwa ada kendala yang menghadang. Saya harus berpikir keras, karena jaman sudah berubah. Cara memproduksi dan mempromosikan karya pun harus updated,” ujar Seno M Hardjo.

Untuk fase produksi, memang tak ada kendala lagi, karena ‘jam terbang’. Tapi untuk mempromosikannya, sudah wajib menyerahkan kepada yang lebih muda. Karena bukan sekadar memperkenalkan Lagu ke Facebook, Radio, Media dan TV. Tapi juga sudah harus meyakini dan merambah ke media sosial seperti Youtube, Twiter, Instagram, Snack Video hingga Tik Tok.

“Dan masing masing area medsos itu harus ada pakar pawangnya,” kata Seno M. Hardjo.

Untuk itulah Selatan Musik diakui Seno membutuhkan Outsource Supporter.

“Kita memang sudah harus running secara teamwork,” ujar Adelansyah Adnan, direktur Selatan Musik.

Untuk hal inilah, Selatan Musik menghired professional muda di bidangnya.

“Termasuk Publicist, kami sudah berjumpa dengan Igun Sudarmono Hasan dan Alana Beilby dari Pandora Corporation untuk menyebarkan berbagai hal terkait promosi album ini,” jelas Adelansyah lagi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas