Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Bintang Musik Sekolah 2023 Digelar, Cari Talenta Muda Berbakat dari SMA Sederajat

Selain kompetisi, BMS 2023 juga menggelar workshop yang akan memberikan pengetahuan tentang manajemen panggung, pembuatan video klip, dan publikasi.

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Willem Jonata
zoom-in Bintang Musik Sekolah 2023 Digelar, Cari Talenta Muda Berbakat dari SMA Sederajat
Tribunnews.com/ Fauzi Nur Alamsyah
Jumpa pers Bintang Musik Sekolah (BMS) 2023 yang berlangsung di gedung Dinas Pendidikan dan Budaya Prov DKI Jakarta, Selasa (3/10/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Festival musik pelajar bertajuk Bintang Musik Sekolah (BMS) 2023 siap diselenggarakan pada Oktober hingga Desember 2023.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Forum Pemuda Betawi (FPB) dan Kurasi Musik Indonesia (KMI) yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta.




Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Purwosusilo mendukung pagelaran Bintang Musik Sekolah ini untuk bisa menemukan bibit muda berbakat dalam bidang musik dari SMA sederajat.

“Dinas Pendidikan DKI mendukung kegiatan Bintang Musik Sekolah ini karena dapat mengasah kemampuan bakat minat peserta didik juga dengan diadakannya coaching klinik dapat menambah pengetahuan bermusik dan manajemen dalam sebuah industri musik,” kata Purwosusilo, selaku Plt Kepala Dinas Pendidikan Prov DKI Jakarta, saat jumpa pers di kantor Dinas Pendidikan dan Budaya Prov DKI Jakarta, Selasa (3/10/2023).

BMS 2023 kali ini bertujuan untuk mencari talenta muda dan berbakat di bidang musik dari SMA sederajat. Beberapa musisi senior juga ditunjuk untuk menjadi kurator dan juri ajang BMS 2023 salah satunya adalah Bongky Marcel.

"Kegiatan ini memberikan ruang untuk anak memperluas pengetahuan mereka. Jadi banyak edukasi yang bisa membuat mereka mendapat pengalaman berorganisasi," ujar Bongky.

BERITA TERKAIT

Kemudian Bongky memastikan akan banyak pelajaran berharga yang nantinya didapat oleh para pelajar tersebut yang lolos audisi.

Baca juga: Virgoun Ajak Anaknya ke Acara Festival Musik dan Nyanyi Bareng, Inara Rusli: Bagus Lah

Sebab selain kompetisi, BMS 2023 juga akan menggelar berbagai workshop yang akan memberikan pengetahuan tentang manajemen panggung, pembuatan video klip, hingga publikasi di YouTube.

Workshop ini akan diisi oleh sejumlah tokoh terkemuka dalam industri musik seperti Armand Maulana dan Duta Sheila on 7.

"Semoga melalui kegiatan ini anak-anak kita bisa menemukan bakat dan talentanya di dunia musik," ujar Bongky.

Penilaian dalam audisi kali ini sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara diantaranya soal notasi dan lirik, penampilan, suara, aksi panggung, konsep band, hingga penampilan visual.

"Semua itu bisa menjadi bekal mereka dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk pendengarnya," pungkas Bongky.

Bagi pelajar yang tertarik untuk berpartisipasi dalam Bintang Musik Sekolah 2023, berikut adalah syaratnya:

1. Mendaftarkan nama band, nama personel, asal sekolah, foto band, judul lagu, lirik lagu, dan nama pencipta lagu dan lirik di website BMS. Sertakan juga surat keterangan dari sekolah masing-masing saat mendaftar.

2. Sertakan tautan video YouTube yang tidak dipublikasikan (unlisted) berisi performa karangan sendiri dalam format Live Recording Studio dengan kualitas yang baik.

3. Setelah mendaftar, wajib mengunggah foto Twibbon di media sosial masing-masing dan menandai akun BMS dengan hashtag #bintangmusiksekolah #bintangmusiksekolah2023 #saatnyamenjadibintang.Kapanlagi.com

Adapaun pendaftaran peserta dibuka pada 3-31 Oktober 2023. Coaching pertama digelar pada 6-10 November 2023. Penyisihan pada 13-17 November 2023.

Sedangkan sesi coaching kedua pada 23 November 2023 dan Grand Final dilaksanakan pada 14 Desember 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas