Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Kisah di Balik Lagu Populer Ebiet G. Ade Berita Kepada Kawan yang Liriknya Dikutip Mahfud Saat Debat

Syair lagu Ebiet G. Ade dikutip Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD pada Debat Keempat Pilpres 2024. Ini kisah di baliknya.

Penulis: Anita K Wardhani
zoom-in Kisah di Balik Lagu Populer Ebiet G. Ade Berita Kepada Kawan yang Liriknya Dikutip Mahfud Saat Debat
Youtube channel Ebiet G Ade Musica Official https://www.youtube.com/watch?v=wW2wc0VsWXo
Lagu yang bercerita tentang alam dan sesama ini dipopulerkan oleh Ebiet G Ade. Syair lagu Ebiet G. Ade dikutip Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD pada Debat Keempat Pilpres 2024. Ini kisah di baliknya. 

Kisah di Balik Lagu Populer Ebiet G. Ade Berita Kepada Kawan yang Liriknya Dikutip Mahfud Saat Debat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Syair lagu Ebiet G. Ade dikutip Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD pada Debat Keempat Pilpres 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Syair lagu Berita Kawan yang dipopulerkan Ebiet G. Ade dikutip Mahfud MD bersama dengan pesan Gus Dur saat mengakhiri closing statement.

Baca juga: Tutup Debat Cawapres, Mahfud MD Kutip Dalil Gus Dur & Nyanyi Lagu Ebiet G Ade Berita Kepada Kawan




Mahfud kembali teringat kutipan surat Ar-Rum ayat 41 “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia….” yang dilanjutkan dengan lagu Ebiet G. Ade.

“Saya teringat lagu Ebiet G. Ade yang berbunyi begini: Barangkali disana ada jawabnya, mengapa di tanahku terjadi bencana, mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkat kita yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa, dan seterusnya. Itu bukti kerusakan lingkungan pesan kepada kawan,” ujar Mahfud.

Ditambahkannya, masalah-masalah yang telah diperdebatkan sangat penting untuk masa depan bangsa. Masalah utamanya lanjut Mahfud, adalah pedang hukum kita tumpul.

“Apabila pedang hukum kita tidak tumpul, kita bisa tabrak habis-habisan dan program pembangunan akan berjalan dengan baik,” tegasnya.

BERITA TERKAIT

Mahfud manyampaikan permohonan maafnya kepada para ibu dan anak cucu yang telah ikut terlibat, atau tanpa bisa berbuat apa-apa ketika terjadi perusakan alam yang ibu dan para cucu huni.

Baca juga: Chord Gitar Berita Kepada Kawan - Ebiet G Ade Dimainkan dari Kunci C

“Mas Ganjar dan saya minta maaf kepada para ibu dan cucu,” katanya.

Ganjar dan Mahfud, tambah dia, berjanji bahwa mereka akan mengembalikan secara bertahap hak rakyat, dan untuk ibu-ibu dan para anak cucu.

Demikian halnya, Ganjar-Mahfud akan menagih kepada dunia internasional untuk membayar utang-utang yang telah merusak pembangunan.

“Sebagai santri NU, saya ingin mengutip dalil Gus Dur, Tasarruf al Imam manutun bil maslahah, tugas pemerintah terhadap rakyatnya adalah kesejahterannya, selesai,” pungkas Mahfud.


Kisah di Balik Lagu Berita Kepada Kawan Ebiet G Ade 

Vokalis dan penulis lagu senior Ebiet G Ade saat ditemui pada konferensi pers
Vokalis dan penulis lagu senior Ebiet G Ade saat ditemui pada konferensi pers "Konser 3 Generasi" di Patheya Resto, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2015). Pelantun lagu 'Berita Kepada Kawan' merasa tersanjung karena diberi kehormatan untuk turut serta meramaikan Konser 3 Generasi yang akan digelar dalam rangkaian konser akhir tahun di Tentrem Ballroom, Yogyakarta pada 31 Agustus 2015. Tribunnews/Jeprima (TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA)

Terkenal sebagai musisi Indonesia yang mempunyai kepekaan sosial yang sangat tinggi, Ebiet G Ade kerapkali menutaskan kretaivitasnya melalui lirik-lirik lagu yang puitis dan melankolis.

Paduan lirik puitis dan melodi yang syahdu membuat lagu-lagu , Ebiet G Ade melintasi zaman.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas