Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Pinais Jonathan Kuo Sukses Gelar Konser di Jakarta

Dalam konsernya, Jonathan Kuo membawa karya monumental milik komposer legendaris Jerman, Johannes Brahms dengan durasi kurang lebih 50 menit.

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Willem Jonata
zoom-in Pinais Jonathan Kuo Sukses Gelar Konser di Jakarta
Tribunnews.com/ Fauzi Nur Alamsyah
Pinais Jonathan Kuo Sukses Gelar Konsernya dengan tajuk Brahms & Dvořák di Usmar Ismail Hall, Sabtu (4/5/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pianis muda Indonesia, Jonathan Kuo sukses menyapa penikmat musik Tanah Air dalam konsernya bertajuk Brahms & Dvořák di Usmar Ismail Hall, Sabtu (4/5/2024).

Tidak sendiri Jonathan Kuo menggandeng Jakarta Sinfonietta dan di bawah arahan komposer Iswargia R Sudarno.

Jemari Jo sapaan akrab Jonathan Kuo dalam konsernya membawa karya monumental milik komposer legendaris Jerman, Johannes Brahms dengan durasi kurang lebih 50 menit.

Kebahagiaan dirasakan oleh Jonathan bisa menghibur para penikmati musik di Tanah Air dengan karya monumental tersebut.

“Selalu senang bisa kembali menyapa penikmat musik klasik di Indonesia. Saya membawakan Brahms Concerto No. 1, lagu yang sangat berbobot dan concerto yang sangat panjang dengan durasi kurang lebih 50 menit. Saya yakin lagu ini dinikmati para penonton,” kata Jo, Senin (6/5/2024).

Baca juga: Cara William Wijaya Jadikan Musik Klasik Bisa Dinikmati  Banyak Orang

Kebanggaan tersendiri turut dirasakan Jo ketika membawakan karya Brahms yang menjadi komposer legendari dengan julukan One o The Greatest Composer from German.

BERITA REKOMENDASI

 “Lagu ini juga merupakan salah satu yang dinantikan penikmat musik klasik, selain juga merupakan salah satu concerto terbaik yang pernah diciptakan komponis manapun,” ujar Jo.

Karya dari Brahms menurutnya sudah terjalin dalam waktu yang lama, bahkan ia sudah menyukai sang komposer legendaris itu sejak usia 13 tahun.

“Semakin jauh saya mengulik karya Brahms, semakin dalam juga saya menyukainya," lanjutnya.

Kemudian Jo membutuhkan fokus dan waktu untuk berlatih dalam konsernya kali ini selama 2 bulan. Namun waktu tersebut menurutnya masih terbilang cukup singkat.

Sejauh ini Jo tengah mempersiapkan konsernya ke kelas dunia dengan membawakan Brahms Concerto No. 1.

“Saya sedang mempersiapkan konser lagi dengan lagu yang sama, tapi dengan beberapa solois pianis kelas dunia yang sudah memenangi kompetisi bertaraf internasional,” ucapnya.

Iswagia R Sudarno kemudian mengungkapkan kemampuan dari Jonathan Kuo.

“Jonathan memiliki potensi yang sangat besar. Terlebih dia sosok yang profesional dan serius. Dia selalu mempersiapkan diri dengan baik sehingga selalu ada peningkatan dalam performanya,” katanya.

Bahkan, Iswargia menyebut konser Brahms & Dvořák ini juga terinspirasi dari Jonathan itu sendiri.

“Saya melihat Jonathan sedang terinspirasi dengan karya-karya Brahms, lalu saya berpikir ada korelasi hubungan antara Brahms dan Dvořák yang harus dikemukakan ke publik,” imbuhnya.

Brahms & Dvořák adalah konser musik klasik yang digelar oleh Jakarta Sinfonietta penghormatan terhadap hubungan mentor dan anak didik yang terjalin erat antara Johannes Brahms dengan Antonín Dvořák.

Dalam konser ini, penonton disuguhkan oleh dua penampilan yaitu Piano Concerto No.1 milik Johannes Brahms yang dibawakan oleh Jonathan Kuo dan Symphony No.9 karya Antonín Dvořák serta melibatkan sekitar 54 pemusik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas