Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

ArtMoments Jakarta 2024 ‘Renewal’ Digelar di Jakarta, Sebuah Perayaan Seni dan Transformasi

ArtMoments menghadirkan platform dinamis dan mendalam bagi para galeri seni dan seniman untuk mengeksplorasi tema ‘Renewal’ yang multidimensional.

Penulis: abdul qodir
Editor: Willem Jonata
zoom-in ArtMoments Jakarta 2024 ‘Renewal’ Digelar di Jakarta, Sebuah Perayaan Seni dan Transformasi
Tribunnews.com
Lukisan karya Jean-Louis Paguenaud bertemakan Angkor Wat Temple-Cambodia yang ditampilkan di ArtMoments Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Qodir

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pameran ArtMoments Jakarta 2024 resmi dibuka untuk memikat para penggemar seni dan kolektor di Grand Ballroom Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel.

Pameran seni ini diselenggarakan mulai 9 hingga 11 Agustus 2024, dengan preview khusus undangan VIP pada 9 Agustus.

Mengangkat tema "Renewal” yang sangat terkait dengan kehidupan manusia, hal itu mencakup pertumbuhan pribadi, transformasi sosial, pembaruan budaya, kemajuan teknologi, dan keberlanjutan lingkungan.

“ArtMoments menghadirkan platform dinamis dan mendalam bagi para galeri seni dan seniman untuk mengeksplorasi tema ‘Renewal’ yang multidimensional,” kata Co-Founder dan Fair Director  ArtMoments Jakarta, Sendy Widjaja, dalam keterangannya, Jumat (9/8/2024).

Baca juga: Megawati Kunjungi Pameran Seni Rupa Karya Dolorosa Sinaga

Pameran ini dirancang untuk menginspirasi, menantang, dan merayakan segala bentuk pembaruan, menumbuhkan pemahaman yang lebih mendalam tentang transformasi dan pertumbuhan di ranah pribadi, sosial, dan lingkungan.

"Kami keliling dunia untuk memilih seni. Kami memilih seni yang terbaik untuk menginspirasi seniman Indonesia dan memperbaiki citra Indonesia di mata internasional. Harapan kami juga agar para kolektor Indonesia dapat memiliki karya seni terbaik di dunia," ungkap Sendy.

BERITA TERKAIT

Sejalan dengan tema "Renewal" dan prinsip keberlanjutan lingkungan, ArtMoments secara bertahap mengembangkan dirinya menjadi pameran seni yang ramah lingkungan. 

Proses ini melibatkan strategi jangka pendek seperti penggunaan bahan beremisi rendah dan rencana jangka panjang untuk desain stan yang sustain.

“Sebagai wujud komitmen kami dalam menggalakkan bursa seni yang ramah lingkungan, kami menggunakan panel daur ulang untuk mengurangi penggunaan kayu sehingga berdampak pada deforestasi. Selain itu, kami juga memanfaatkan lampu LED yang mampu menghemat ribuan watt. Hanya dari dua komponen ini saja, kami bisa mengurangi emisi karbon secara signifikan,” kata Sendy.

Karya-karya seniman ternama selalu menjadi daya tarik ArtMoments Jakarta

Di antaranya ada Aboudia seorang seniman kontemporer terkemuka berdarah Amerika-Pantai Gading yang tinggal di Brooklyn, New York. Ada juga Heri Dono, seniman Indonesia pertama yang menembus kancah seni global pada awal 1990-an. 

Ia terkenal di kancah seni internasional, terutama melalui karya instalasi yang inovatif dan kreatif. Pongbayog, seniman kontemporer Filipina yang telah mendapatkan rekor dunia di Spectacular Mid-Year Auction 2024 Leon Gallery dengan berhasil menjual karyanya "Share the Love" seharga PHP 2,4 juta. 

Ren Zhe adalah pelopor patung kontemporer Tiongkok, dikenal atas patung-patungnya yang dinamis dan kuat yang sering memadukan tema budaya tradisional Tiongkok dengan teknik artistik modern.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas