Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Suara Merdu Kunto Aji Iringi Musik Harmoni Alam di Lawu Jazz Festival

Alunan Jazz mengalun merdu dalam gelaran Lawu Jazz Festival 2024 di Wonder Park Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2024).

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Suara Merdu Kunto Aji Iringi Musik Harmoni Alam di Lawu Jazz Festival
TRIBUNJATENG/Agus Iswadi
Kunto Aji dan Yuyun Arfah Pukau Penonton Lawu Jazz Festival di Tawangmangu Karanganyar 

TRIBUNNEWS.COM, KARANGANYAR - Alunan Jazz mengalun merdu dalam gelaran Lawu Jazz Festival 2024 di Wonder Park Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2024).

Sejumlah musisi lokal dan nasional memeriahkan gelaran perdana Lawu Jazz Festival hari pertama, Sabtu sore hingga malam. Etnoensemble membuka gelaran Lawu Jazz Festival 2024. Penonton dari berbagai daerah juga tampak larut menyaksikan penampilan Yuyun Arfah dan Pelantun Jiwa serta Sruti Respati dan Endro Hardjodikoro yang tampil memukau malam itu.

Baca juga: Indra Lesmana dan Eva Celia Kombinasikan Jazz dengan DJ di O Beach Bali Music Festival 2024

Antusias para penonton tak surut meski harus duduk lesehan di tengah dinginnya terpaan angin lereng Gunung Lawu demi menanti penampilan Kunto Aji.




Mereka terlihat berdendang bersama saat musisi kelahiran Yogyakarta tersebut tampil membawakan lagu-lagu andalannya mulai dari mercusuar, pilu membiru, jernih, rehat, ekspektasi dan terlalu lama sendiri.


Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto menyampaikan, Lawu Jazz Festival ini merupakan event perdana.

Pihaknya berharap event tersebut dapat menjadi agenda tahunan dalam rangka mempromosikan pariwisata daerah.

"Konsep kali ini musik yang harmoni dengan alam," katanya kepada Tribunjateng.com (Tribunnews.com Netwrok), Sabtu sore.

BERITA TERKAIT

Dia menerangkan, secara konsep mungkin hampir sama dengan gelaran musik pada umumnya.

Akan tetapi lanjut Titis, tentu ada pembeda yakni penonton diajak lebih dekat dengan alam khususnya di Gunung Lawu sembari menyaksikan pertunjukan musik jazz.

Pj Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi mengapresiasi atas dukungan semua pihak sehingga dapat terselenggaranya event perdana sekaligus launching serangkaian HUT Karanganyar ke-107.

"Kita berdoa kegiatan ini terus berlangsung, tahun depan kita akan selenggarakan Lawu Jazz Festival #2. Mudah-mudahan lebih hebat lagi, membawa Karanganyar jauh lebih baik lagi," ungkapnya.


Penonton asal Yogyakarta, Anggis terlihat datang bersama tiga orang temannya menyaksikan Lawu Jazz Festival hari pertama. Dia dan temannya khusus membeli tiket hari pertama karena ingin menonton penampilan dari Kunto Aji.

"Tertarik ke sini karena ada Kunto Aji sih," katanya.

Menurutnya, event kali ini belum begitu ramai apabila dibandingkan dengan gelaran musik serupa yang ada di Dieng Wonosobo. Dia berharap Lawu Jazz selanjutnya dapat lebih ramai dan dipadukan dengan potensi wisata lokal serta menghadirkan musisi terkenal lainnya atau tengah naik daun.

"Kalau Dieng (festival) sudah sering, beberapa kali digelar jadi wajar kalau ramai. Kalau ini mungkin karena baru pertama," terangnya.

Adapun beberapa musisi kenamaan akan meramaikan Lawu Jazz Festival hari kedua, Minggu (15/9/2024). Mulai dari Good Morning Everyone, Cantigi, Harry Toledo dan Efek Rumah Kaca. (Ais).

 

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Kunto Aji dan Yuyun Arfah Pukau Penonton Lawu Jazz Festival di Tawangmangu Karanganyar.

 

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas