Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selama Tiga Hari, E-commerce Ini Kumpulkan 17.000 Sampah Kosmetik untuk Didaur Ulang

Blibli sendiri telah menerapkan prinsip ESG di berbagai kegiatan operasionalnya, diantaranya daur ulang sampah plastik dan kardus kemasan

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Selama Tiga Hari, E-commerce Ini Kumpulkan 17.000 Sampah Kosmetik untuk Didaur Ulang
istimewa
Net Zero Emission pada 2060, Blibli yang menjadi official e-commerce partner di Surabaya X Beauty berhasil mengumpulkan lebih dari 12.000 kemasan produk kecantikan, serta hampir 5.000 kardus 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Mendukung pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission pada 2060, Blibli yang menjadi official e-commerce partner di Surabaya X Beauty berhasil mengumpulkan lebih dari 12.000 kemasan produk kecantikan, serta hampir 5.000 kardus kemasan produk kecantikan dari ribuan orang yang selama tiga hari mengunjungi instalasi Blibli Cinta Bumi.

Keterlibatan Blibli Cinta Bumi di Surabaya X Beauty merupakan wujud komitmen perusahaan menerapkan konsep ESG (Environmental, Social, Governance) di setiap kebijakannya, sejalan dengan prinsip Blibli sebagai e-commerce dengan bisnis berkelanjutan.

Baca juga: Melantai di Bursa Efek, Analis Sebut Saham GoTo Bisa Saja Senasib Bukalapak

Blibli sendiri telah menerapkan prinsip ESG di berbagai kegiatan operasionalnya, diantaranya daur ulang sampah plastik dan kardus kemasan, penanaman pohon, waste upcycling, pembangunan tank tadah hujan dan mengolahnya untuk keperluan operasional di berbagai gudang Blibli.

VP Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan, mengucapkan terima kasih atas antusiasme yang luar biasa dari para pengunjung.

"Ini menjadi motivasi lebih bagi Blibli untuk terus memperluas dampak positif dari kampanye Blibli Cinta Bumi, sekaligus mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan menjalankan gaya hidup yang eco-friendly secara menyeluruh dan berkelanjutan," tutur Yolanda, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: BincangShopee 4.4 Sambut Ramadan Sale Sebut 4 Poin Penting untuk Berpuasa Sehat, yuk Catat!

Blibli Cinta Bumi berupaya meningkatkan kesadaran konsumen akan isu lingkungan dari penggunaan produk kecantikan dengan mengajak mereka mendaur ulang kemasan produk.

BERITA TERKAIT

Dalam hal ini, Blibli Cinta Bumi menghadirkan tiga lokasi drop box dimana pengunjung bisa menaruh kemasan kosong kosmetiknya.

Pengunjung pun mendapatkan insentif berupa token untuk bermain games menarik dengan hadiah berupa produk dan alat kecantikan.

Seluruh sampah kosmetik ini selanjutnya akan diolah kembali menjadi barang baru bersama mitra-mitra Blibli yang turut melibatkan komunitas perempuan, difabel dan pengungsi, sesuai konsep sustainable business berbasis ESG oleh Blibli, yang dalam hal ini terkait dengan pemberdayaan komunitas.

Blibli akan melanjutkan kolaborasinya bersama Female Daily selaku penyelenggara Surabaya X Beauty dengan hadir di acara Jakarta X Beauty yang digelar pada Juli 2022.

Baca juga: Cara Beli Pelatihan Kartu Prakerja di Aplikasi Tokopedia dan Bukalapak

Perusahaan pun mengajak para beauty enthusiast untuk mengumpulkan semua kemasan produk kecantikannya dan membawanya ke instalasi Blibli Cinta Bumi di Jakarta X Beauty.

Sejak diinisiasi pada 2020, daur ulang sampah, khususnya kardus dan plastik, telah menjadi fokus utama dari Blibli Cinta Bumi.

Saat ini, Blibli Cinta Bumi memiliki Blibli Cinta Bumi Collection Boxes yang berada di berbagai lokasi di Jabodetabek untuk mengumpulkan sampah kardus dan plastik.

Selain itu, Blibli Cinta Bumi juga mendorong pelanggan dan karyawan untuk mengumpulkan kardus dan plastik melalui kurir BES sebagai agen pengumpul sampah saat mengantar produk.

Sampah yang terkumpul dikelola kembali untuk didaur ulang menjadi filler material pengganti bubble wrap untuk membungkus produk yang dibeli di Blibli.

Selain itu, tiap 10 kardus yang dikumpulkan memiliki nilai 1 pohon yang akan Blibli tanam ke depannya. Upaya penanaman pohon ini pun sudah dimulai sejak tahun 2021 melalui penanaman 1.000 pohon di Rembang, Jawa Tengah, yang dilakukan bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) dan pemerintah setempat.

"Blibli akan terus mengembangkan Blibli Cinta Bumi melalui sinergi bersama lebih banyak mitra yang memiliki kesamaan visi akan kepedulian lingkungan untuk memperluas dampak positif dari kampanye ini bagi Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari konsep ESG dan upaya Blibli untuk mendukung Indonesia menuju Net Zero Emissions," ungkap Yolanda.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas