Tribun

Tak Patah Semangat, TEGUK Indonesia Optimalkan Digitalisasi untuk Kembangkan Bisnis

Salah satu UMKM yang berdiri sejak tahun 2018, TEGUK Indonesia, juga tak luput terkena dampak pandemi.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tak Patah Semangat, TEGUK Indonesia Optimalkan Digitalisasi untuk Kembangkan Bisnis
Dok: TEGUK Indonesia
TEGUK Indonesia sukses berekspansi di tengah pandemi. 

TRIBUNNEWS.COM - Badai pandemi yang menghantam selama dua tahun terakhir sangat berdampak pada vitalitas bisnis di seluruh skala dan sektor, termasuk UMKM. Keterbatasan di tengah pandemi memaksa para pelaku UMKM harus memutar strategi untuk bertahan.

Salah satu UMKM yang berdiri sejak tahun 2018, TEGUK Indonesia, juga tak luput terkena dampak pandemi.

Akan tetapi, badai pandemi tak menyurutkan semangat TEGUK untuk mengembangkan bisnisnya. Berbekal komitmen untuk “naik kelas” dan mengoptimalkan digitalisasi, TEGUK berhasil melewati tantangan pandemi, dan bahkan sukses berekspansi ke lebih dari 170 gerai di seluruh Indonesia hingga hari ini.

Sebelum sukses berekspansi besar-besaran, TEGUK juga pernah dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan mereka mengambil langkah drastis, seperti menutup beberapa gerai di awal masa pandemi.

Baca juga: Gerai Terbaru Teguk Luncurkan Odading Toast Pertama di Indonesia

Kepada Tribunnews, CEO TEGUK Maulana Hakim bercerita bagaimana upayanya untuk terus adaptif dengan berbagai perubahan, salah satunya adalah dengan secara aktif melakukan riset dan survei evaluasi konsumen secara berkala untuk mengetahui ekspektasi pasar.

“Sebagai brand, kita harus berusaha lebih peka dengan perilaku konsumen untuk membantu mengembangkan brand kita. Di TEGUK sendiri, riset yang kami lakukan membuat kami melihat adanya akselerasi pada perubahan pola konsumsi masyarakat yang menjadi sebuah ruang potensi bisnis. Pembatasan mobilitas masyarakat pada akhirnya menjadi insight baru bagi kami untuk lebih mengoptimalkan ekosistem digital,” ujar Maulana kepada Tribunnews, Kamis (2/6/2022).

TEGUK Indonesia bergabung dengan ShopeeFood untuk menjangkau
TEGUK Indonesia bergabung dengan ShopeeFood untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dok: TEGUK Indonesia

Bergabung jadi merchant ShopeeFood, bangkit dari keterpurukan

TEGUK melihat adanya peningkatan pesat dalam kebiasaan konsumen memesan makanan secara online di masa pandemi.

Oleh karena itu, TEGUK memutuskan untuk bergabung menjadi merchant ShopeeFood agar dapat menjangkau pasar potensial yang lebih luas sebab pihaknya melihat adanya keselarasan antara karakter pengguna ShopeeFood dan target konsumen yang dituju.

Baca juga: Cara Beli Tiket Bioskop Secara Online, Pesan di Aplikasi TIX ID, M-TIX hingga Shopee

Di samping itu, TEGUK percaya adanya kesamaan komitmen bisnis dengan ShopeeFood untuk menarik konsumen dari segala kalangan.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas