Tribun

Ragam Inisiatif Shopee Ini Antarkan Para UMKM Lokal Go Global

Sejak 2019, Shopee mencetuskan berbagai program berskala kecil hingga besar untuk UMKM.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Ragam Inisiatif Shopee Ini Antarkan Para UMKM Lokal Go Global
dok. Shopee
Rekam jejak perjalanan Shopee mendukung UMKM di tanah air, yang ditampilkan melalui tembok pencapaian. 

TRIBUNNEWS.COM – Bisnis online kini terus berkembang pesat dan bahkan jamak dijadikan mata pencaharian masyarakat. Seperti yang dilakukan dua pelaku UMKM lokal, Monica Kumala asal Solo dan Agus Ardian asal Bandung Barat.

Monica berhasil meraup omzet ratusan juta per bulan dari hasil jualan pakaian. Sementara Agus Ardian, mampu memperkerjakan puluhan karyawan untuk bisnisnya di Desa Cibeureum.

Monica dan Agus bahkan sukses mengekspor jualannya ke sejumlah negara di Asia Tenggara sampai Amerika Latin.

Keduanya bisa mendapatkan kesempatan itu karena berhasil memanfaatkan solusi dari Shopee dengan optimal.

Dalam beberapa tahun terakhir, Shopee memang menjadi marketplace terdepan di Indonesia. Shopee menjadi platform e-commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia tahun 2021, menurut hasil riset perusahaan asal Prancis, Ipsos.

Sepak terjang anak perusahaan SEA Group ini di Indonesia dimulai sejak 2015, yang terus berkembang hingga mencatat rekor jumlah pengunjung aktif harian sebanyak 33,27 juta kunjungan pada Desember 2021 lalu.

Selama itu pula, Shopee punya kontribusi besar dalam pertumbuhan UMKM di Tanah Air. Masih mengutip survei Ipsos, sebanyak 44 persen responden menilai Shopee merupakan perusahaan e-commerce yang paling mendukung UMKM lokal.

Bawa UMKM lokal go global lewat Program Ekspor Shopee

Sejak tahun 2019, perusahaan teknologi ini terus mencetuskan berbagai program berskala kecil hingga besar. Salah satunya adalah Program Ekspor Shopee, yang bertujuan membantu UMKM lokal memperluas pasar mereka sampai ke mancanegara dengan mudah.

Sebanyak tujuh negara menjadi tujuan ekspor UMKM lokal yang ikut dalam Program Ekspor Shopee, yakni Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Brasil dan Meksiko.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas